SAF 2018 Akan Mempertunjukkan Belasan Jenis Silek Sumbar

"Beberapa jenis bela diri yang akan dipertunjukkan nantinya adalah Silek tuo, silek harimau, silek kunango, silek pauah, silek sunua, silek pakih rabun, silek palam lapik dan Koto Anau"
Jumpa pers Silek Art Festival 2018 (Halbert/Klikpositif)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemprov Sumbar akan mempertunjukkan belasan jenis silek yang ada di Sumatera Barat dalam iven Silek Art Festival (SAF) yang akan dilaksanakan pada 7 September hingga 30 November 2018 mendatang,

"Beberapa jenis bela diri yang akan dipertunjukkan nantinya adalah Silek tuo, silek harimau, silek kunango, silek pauah, silek sunua, silek pakih rabun, silek palam lapik dan Koto Anau," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumatera Barat, Gemalaranti saat diwawancarai, Selasa 21 Agustus 2018.

Ia mengatakan bahwa silek yang akan ditampilkan tersebut berasal dari delapan daerah yang ada di Sumatera Barat.

Menurutnya, di Sumatera Barat sendiri ada lebih dari 80 aliran silek yang setiap jurus dan gerakannya berbeda-beda. "Setiap perguruan kan memiliki jurus andalan tersendiri dan memiliki ciri khas tersendiri," ujarnya.

Dengan banyaknya aliran dan macam ciri khas silek yang ada di Sumatera Barat, maka pihaknya akan memperlihatkan kekayaan Sumatera Barat dalam budaya bela diri tersebut.

Diadakannya festival yang akan diadakan setiap tahun tersebut dilaksanakan sebagai promosi ilmu beladiri asli minang.

"Kami juga merencanakan akan melaksanakan seminar tentang silek ini di Bukittinggi nantinya agar kaula muda juga mengetahui bagaimana silek ini sebenarnya," lanjutnya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya akan mendatangkan pandeka (sebutan untuk pesilat) untuk memaparkan terkait filosofis silek dan berbagai macam tentang silek tersebut.

[Halbert Caniago]