Serunya Bermain Tarik Tambang Hujan-hujanan di Pessel

"Kami sempat akan menunda perlombaan. Tapi, karena antusias peserta. Lomba kami lanjutkan"
Lomba tarik tambang di Nagari Rawanggunung Malelo (Kiki Julnasri/KLIKPOSITIF)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Lomba tarik tambang dalam perayaan HUT RI ke 73 di Kampung Lampanjang, Nagari Rawanggunung Malelo, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat semakin meriah meski diguyur hujan, Selasa 21 Agustus 2018. Hujan tidak membuat peserta patah semangat, sebaliknya tambah membuat perserta semakin antusias sampai lomba usai.

Perlombaan tarik tambang di Kampung Lampanjang ini merupakan serangkaian kegiatan yang diadakan Pengurus Sanggar Seni Arai Pinang di nagari setempat. Lomba yang dimulai pukul 15.00 WIB ini, setengah jalan perlombaan malah diguyur hujan dan lomba-pun masih tetap dilanjutkan.

"Kami sempat akan menunda perlombaan. Tapi, karena antusias peserta. Lomba kami lanjutkan," Ketua Panitia Pelaksana, Arisan Aprianggi pada KLIKPOSITIF.

Panitia tidak menyangka, para peserta sangat begitu antusias menjalani perlombaan saat hujan terus mengguyur. Tidak membuat lemah, bahkan air hujan yang membasahi peserta menjadi cabut untuk tambah semangat.

"Terlihat mereka menjadi lebih kuat saat hujan mengguyur. Bahkan, lama perlombaan untuk dua kelompok sampai berlangsung setengah jam," jelasnya.

Menurutnya, berat pertimbangan panitia melangsung lomba saat hujan itu, karena para peserta mengikuti orang dewasa laki-laki dan peserta meminta lomba terus dilanjutkan meski kondisi cuaca hujan.

"Dan peserta seluruhnya dari laki-laki dewasa. Jadi dengan itu, kita dari panitia sepakat terus melanjutkan sampai pemenang juara satu terpilih," terangnya.

Perlombaan tarik tambang di Kampung Lampanjang ini, diikuti oleh 16 kelompok peserta. Tidak tangung-tanggung, antusias peserta dalam mengikuti lomba ini. Bahkan,para penonton yang datang dari masyarakat setempat juga rela basah-basahan sampai hujan berhenti.

[Kiki Julnasri]