Listrik Gratis Segera Dipasang Untuk 250 KK di Pasaman

"Program ini dilaksanakan di 11 kecamatan"
Ilustrasi (Net)

KLIK POSITIF - Pemerintah Kabupaten Pasaman Sumatera Barat tahun ini programkan pemasangan listrik gratis bagi Kepala Keluarga (KK) miskin di daerahnya. Pemasangan listrik gratis tersebut rencananya akan dilakukan untuk 250 KK di 11 kecamatan.

Pemasangan listrik untuk 250 KK miskin tahun ini dialokasikan daya 450 Watt dengan 3 buah lampu dan colokan bagi masing-masing KK.

Kepala Bidang  Ketenaga Listrikan dan Pengembangan Energi Dinas ESDM, Asril Amir pada wartawan mengatakan, program ini rencananya akan dilaksanakan dalam triwulan ke dua ini.

Menurutnya, program listrik gratis itu anggarannya bersumber dari APBD Pasaman tahun 2016 sebesar Rp375 juta. Program ini merupakan program yang ke dua yang dianggarkan dari APBD Pasaman.

"Pada tahun 2015 lalu, pemasangan listrik bagi KK miskin di daerah ini sebanyak 173 KK, dengan anggaran sebesar Rp224 juta," jelasnya.

Dikatakan Asril Amir, ‎satu kecamatan yang tidak masuk dalam program ini yakni Kecamatan Mapattunggul Selatan, sebab di daerah tersebut, tiang listrik belum masuk hingga saat ini.

"Saat ini permohonan yang masuk dari masyarakat tengah diinventarisir. Setelah persyaratan tersebut diseleksi, dan bagi yang memenuhi syarat selanjutnya di SK-kan oleh Bupati,” ujarnya.

Program bantuan listrik gratis untuk KK miskin itu prosesnya melalui tender di ULP Pasaman, setelah itu program pemasangan listrik gratis baru akan dikerjakan oleh pihak pemenang tender atau pihak ketiga nantinya.‎ (Man St Pambangun)