Bukan Kresek, Pembagian Daging Kurban di Belanti Padang Gunakan Ini..

"Ini dilakukan sesuai imbauan wali kota untuk mengurangi penggunaan kantong plastik"
Inilah tempat daging kurban pengganti kresek (Humas Pemko Padang)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pada Idul Adha 2018 ini,panitia kurban Masjid Nurul Yaqin Kelurahan Lolong Belanti Kota Padang membagikan daging kurban tidak lagi dengan kantong plastik, tapi diganti dengan menggunakan "besek" (anyaman bambu) dan daun pisang.

"Imbauan wali kota tentang pengurangan penggunaan kantong plastik yang kita sosialisasikan langsung direspon panitia kurban Masjid Nurul Yaqin," ungkap Lurah Lolong Belanti Rini Anggraini saat melihat langsung pemotongan hewan kurban di Masjid Nurul Yaqin, Kamis (23/12/2018).

Dijelaskan Rini, penggunaan kantong plastik atau kresek berwarna hitam sebagai bungkus daging kurban dapat tertempel cemaran kimia berbahaya. Karena, kresek berwarna hitam merupakan plastik hasil daur ulang dari berbagai macam plastik dengan proses yang tidak higienis.

"Plastik hasil daur ulang ini masuk kategori nonfood grade atau tidak memenuhi syarat sebagai pembungkus makanan. Dengan menggunakan "besek" yang merupakan anyaman bambu bisa lebih higienis dan aman," ujar Rini.

Kedepannya, Rini mengatakan, akan terus mensosialisasikan pengurangan penggunaan kantong plastik (kresek) sebagai pembungkus makanan, tidak hanya sebagai pembungkus daging kurban. (rel.*)