Kerusakan Jembatan Antar Desa di Sijunjung Ancam Aktifitas Pertanian Warga

"Kerusakan jembatan tersebut sudah lama dikeluhkan warga"
Jembatan yang rusak di Nagari Lantang, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Istimewa)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF -- Kondisi jembatan Batang Sibakur, Nagari Latang, Kecamatan Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung kian memprihatinkan. Pasalnya bantalan jembatan penghubung sejumlah desa di lokasi tersebut rusak.

Kerusakan jembatan tersebut sudah lama dikeluhkan warga. Bahkan sepekan yang lalu, kerusakan pada jembatan membuat sebuah mobil terperosok dalam lobang yang terletak pada bagian bantalan jembatan.

Bantalan jembatan itu terbuat dari kayu yang disusun sebagai pengganti jalan. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kayu bantalan tersebut lapuk dan tidak kuat lagi menampung beban kendaraan yang melintas di atasnya.

"Sudah lama jembatan ini rusak dan beberapa ruas bantalan juga ada yang berlubang di Nagari Latang ini," kata salah seorang warga, Hasan, Jumat 24 Agustus 2018 pada KLIKPOSITIF.

Hasan melanjutkan jembatan itu memerlukan perhatian serius dan perbaikan dari pemerintah. Sebab, fasilitas umum tersebut kerap dilalui kendaraan yang mengangkut hasil pertanian warga dari sejumlah desa.

"Jembatan tersebut kerap dilewati oleh truk ukuran menengah," ujar dia. Dengan kondisi seperti itu, kerusakan pada bantalan jembatan diprediksi bakal mengancam aktifitas pertanian warga.

Di sisi lain Camat Lubuk Tarok, Dodi Katim mengaku prihatin dengan kerusakan jembatan itu. Diketahui pula jembatan kayu itu merupakan penghubung sejumlah desa, yakni Nagari (desa adat) Silongo serta Nagari Lubuktarok, Nagari Kampung Dalam dan Nagari Lalan.

"Jembatan dan jalan yang rusak ini hendaknya segera ada penanganan khusus. Saya sudah lihat jembatan dan jalan di Nagari Latang itu. Begitu juga di nagari lainnya perlu perbaikan dan perhatian segera," pungkasnya.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Sijunjung, Syamsurizal Chan, mengaku berjanji akan segera meninjau lokasi jembatan dan jalan rusak di Kecamatan Lubuktarok itu. "Insyaallah, tim akan ... Baca halaman selanjutnya