Verifikasi Hutan Kemasyarakatan, Tim KLH Turun ke Pasaman

"Ketua Tim Verifikasi Syarmaida mengatakan verifikasi ini menentukan apakah kelompok akan diberikan penetapan area kerja dan izin usaha pemanfaatan hutan kemasyarakatan"
Hutan Kemasyarakatan (HKm) menjadi salah satu kebijakan untuk menekan laju deforestasi dengan melibatkan masyarakat (net)

KLIKPOSITIF - Tim verifikasi calon lokasi Hutan Kemasyaratan (HKm) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI melakukan verifikasi pengajuan Hutan Kemasyarakatan oleh Kelompok Tani Hutan Kemasyarakatan Musus Saiyo di Pasaman , Rabu 15 Juni 2016.

Lokasi hutan yang diajukan oleh kelompok tani ini berlokasi di Jorong Musus Nagari Ganggo Hilia Kecamatan Bonjol. Hutan denga luas lahan 350 hektar ini sebagian telah digunakan oleh masyarakat sebagai lahan bercocok tanam.

Ketua Tim Verifikasi Syarmaida mengatakan verifikasi ini menentukan apakah kelompok akan diberikan penetapan area kerja dan izin usaha pemanfaatan hutan kemasyarakatan.

"Kehadiran seluruh anggota kelompok dan tokoh masyarakat dan unsur kecamatan serta nagari sangat membantu proses verifikasi ini," ujarnya.

Tim verifikasi ini terdiri dari Ditjen PSKL, Balai PSKL Wilayah Sumatera dan Dishut Prop Sumbar. Mereka melakukan verifikasi terhadap keanggotaan kelompok dan kangsung memeriksa lokasi lahan hutan yang diajukan untuk program Hutan Kerakyatan.

Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Pasaman Yozarwardi ikut mendampingi tim verifikasi ke lokasi HKm Musus Saiyo. Juga hadir Sekretaris Camat Bonjol dan Wali Jorong Musus serta tokoh masyarakat dan anggota kelompok.

Yozarwardi mengatakan kelompok tani Musus Saiyo sudah dua tahun mengajukan permohonan izin HKm. Dan kali ini, kata dia, tim telah turun ke lapangan untuk melakukan proses verifikasi.

"Kita hatap kelompok Musus Saiyo dapat segera diberikan izin oleh Menteri KLHK," ujarnya.

Hutan Kemasyarakatan (HKm) menjadi salah satu kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk menekan laju deforestasi di Indonesia dengan melibatkan masyarakat. Sedangkan lahan yang bisa digunakan untuk program ini adalah hutan negara yang pemanfaatan utamanya ditujukan untuk memberdayakan masyarakat di dalam dan sekitar kawasan hutan.

Jika dibagi Pelaksanaan HKm dapat dipilah dalam 3 ... Baca halaman selanjutnya