Harimau Sumatera Ditangkap di Lubuk Kilangan

"Harimau yang diperkirakan masih berusia remaja ini ditangkap setelah sempat memperlihatkan diri di sekitar lokasi tersebut"
Harimau Sumatera ditangkap warga dan petugas BKSDA Sumbar di kawasan Indarung. (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Seekor harimau Sumatera (panthera tigris) berhasil ditangkap oleh petugas Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar dan warga Kecamatan Lubuk Kilangan, Selasa 28 Agustus 2018 malam.

Harimau yang diperkirakan masih berusia remaja ini ditangkap setelah sempat memperlihatkan diri di sekitar lokasi tersebut. Warga yang sempat melihat lantas ketakutan dan melaporkan temuan tersebut ke BKSDA Sumbar. 

"Harimau itu sempat terlihat di sekitar ladang kosong yang ada di kawasan Karang Putih. Warga yang melihat takut kemudian melapor ke petugas," kata Fani Isniandi, salah seorang warga. 

Menurutnya, selama ini warga di sekitar lokasi cemas karena beberapa hari sebelumnya juga ditemukan bekas diduga aksi dari harimau. "Kami takut jika tak tertangkap akan berbahaya," katanya. 

Disebutnya, penangkapan terhadap harimau itu dilakukan setelah petugas BKSDA Sumbar datang ke lokasi. Harimau muda itu dilumpuhkan terlebih dahulu menggunakan bius. 

"Usai dibius, warga dan petugas BKSDA Sumbar langsung melakukan penangkapan serta membawanya menggunakan mobil bak terbuka," tutupnya.

Pantauan KLIKPOSITIF, penangkapan harimau tersebut sontak membuat warga yang tinggal di sekitar lokasi heboh. Ratusan warga yang tinggal di kawasan itu langsung berdesakan ke lokasi untuk melihat langsung kondisi si belang. 

Kasi Konservasi BKSDA Wilayah II, Eka Rahmayanti mengatakan, harimau tersebut langsung dievakuasi ke kantor BKSDA Sumbar untuk diteliti dan diperiksa jenis kelaminnya. 

"Kita amankan dan kita bawa dulu ke kantor agar warga tidak cemas," tutupnya. (*)