Menpar Fungsikan Keunggulan Digital Gairahkan Wisata Indonesia

"Kementerian Pariwisata juga memanfaatkan keunggulan digital"
Salah satu objek wisata di Kota Bukittinggi, Lubang Jepang (KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF - Pesatnya perkembangan digital, tidak pernah lepas dari pantauan Menteri Pariwisata, Arief Yahya. Menteri asal Banyuwangi ini mampu memanfaatkan dunia digital untuk menaikkan pariwisata Indonesia.

“Kita tidak bisa melawan zaman, justru kita harus mengikutinya. Di masa sekarang, hampir semua memanfaatkan keunggulan digital, baik untuk kehidupan sehari-hari, atau sebagai pemandu perjalanan, dan banyak lagi fungsinya,” tuturnya, Selasa (28/8).

Menurutnya, Kementerian Pariwisata juga memanfaatkan keunggulan digital, sebab tren wisatawan Nusantara dan mancanegara pun sudah beralih ke digital.

“Wisatawan sekarang sangat memanfaatkan digital, mulai dari memantau jadwal keberangkatan, atraksi di lokasi wisata, memesan hotel, dan transportasi, semua mereka lakukan secara digital. Ini sangat memudahkan mereka,” katanya.

Menpar sangat peka terhadap dunia digital. Hal ini bisa dilihat dari #CEOMessage yang dikeluarkannya. Beberapa #CEOMessage membahas mengenai digital.

Inspirasinya didapat dari mana saja. CDM contohnya. #CEOMessage mengenai hal ini didapatnya saat hadir di Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin 2018.

Di situ, menpar mengetahui jika ada perkembangan baru yang bisa diterapkan di Indonesia. CDM, sebuah platform yang memungkinkan pengguna mendapat data traveller, mem-profilling-nya, dan mensegmentasinya.

Dalam #CEOMessage lain, menpar juga mengingat jika digital memiliki banyak kelebihan.

“More digital more professional, more digital more personal, more digital more global,” tulisnya dalam #CEOMessage ke-11.

Tren destinasi digital juga tidak lepas dari pantauannya. Menpar mengeluarkan #CEOMessage khusus mengenai destinasi besutan Generasi Pesona Indonesia itu.

#CEOMessage mengenai digital lain yang dikeluarkan adalah war room, media digital Google, Baidu, Ctrip, Tripadvisor, project management, ITX digital market ... Baca halaman selanjutnya