KSNT Dekatkan Seni Kepada Anak-anak di Pariaman

"acara ini melibatkan secara langsung anak-anak Korong Kasai untuk mengikuti lokakarya menggambar bersama Ladang Rupa dan sesi menonton film anak bersama Metasinema"
KSNT dalam sebuah pertunjukan di Pariaman (dokumentasi KSNT)

KLIKPOSITIF- Untuk ketiga kalinya, Komunitas Seni Nan Tumpah (KSNT) mengelar program Ke Rumah Nan Tumpah (KRNT) yang bertajuk “KRNT #3: Bersenang-senang bersama anak-anak Korong Kasai. Gelaran ini akan dilaksanakan pada Jumat (31/8/2018) pukul 16.00 WIB - 21.00 WIB di sekretariat Komunitas Seni Nan Tumpah di Korong Kasai, Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, Padangpariaman.

KRNT merupakan sebuah program yang disusun oleh KSNT sebagai ruang apresiasi yang khusus diselenggarakan di sekretariat KSNT. Kegiatan-kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan apresiasi masyarakat terhadap kesenian. Program ini akan melengkapi program jangka panjang kerja manajemen produksi KSNT yang telah ada sebelumnya, yakni festival seni dua tahunan Pekan Nan Tumpah dan Nan Tumpah Masuk Sekolah (NTMS).

Dalam edisi KRNT #3 kali ini Komunitas Seni Nan Tumpah menjalin kerjasama dengan  Ladang Rupa dan Metasinema. KRNT #3 akan melibatkan secara langsung anak-anak Korong Kasai untuk mengikuti lokakarya menggambar bersama Ladang Rupa dan sesi menonton film anak bersama Metasinema. Dua kegiatan tersebut nantinya juga akan ditambahkan dengan diskusi ringan. Selain itu, KRNT #3 juga akan dimeriahkan oleh penampilan musik puisi dari Nan Tumpah Muda (SMAN 7 Padang).

Menurut Pemimpin KSNT Yunisa Dwiranda spirit dari kegiatan KRNT ini adalah kolaborasi dan membuka ruang partisipasi dan apresiasi bagi masyarakat Korong Kasai. Selain itu juga bertujuan untuk memperkenalkan Rumah Nan Tumpah yang menjadi tempat KSNT berproses kreatif.

"KRNT juga bagian upaya kami untuk menjaga silaturrahmi dengan komunitas lainnya,” ujarnya.

Manajer artistik KSNT Fajry Chaniago mengatakan program ini fokus pada anak-anak dengan cara memberikan sebuah lokakarya seni rupa khususnya menggambar yang akan dimentori oleh rekan-rekan dari Ladang Rupa dan juga pemutaran film pendek yang bercerita tentang dunia anak-anak.

"Kegiatan ... Baca halaman selanjutnya