Gersang, Ruas Jalan Bypass Padang-Padang Pariaman Akan Ditanam Pohon Pelindung

"Pemerintah Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman telah setuju dengan rencana itu"
Ruas jalan Bypass Padang (Skyscapercity)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang bekerjasama dengan CSR PT Djarum Super akan menanam ribuan pohon pelindung di sepanjang jalan Bypass Kota Padang dan Padang Pariaman.

Penanaman pohon tersebut juga melibatkan Korem 032 Wirabraja. Pohon yang akan ditanami di jalan sepanjang 30 kilometer tersebut merupakan jenis Trembesi (Samanea Saman) dan Mahoni.

"4000 pohon disiapkan pelaksana untuk ditanam di jalan jalur dua Bypas," ujar Wagub Sumbar Nasrul Abit.

Ia mengungkapkan, sejauh ini, pemerintah Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman telah setuju dengan rencana itu. Sebab, sejauh ini kondisi jalan penghubung dari Bandara Internasional Minangkabau dan Pelabuhan Teluk Bayur itu gersang.

"Semua setuju. Sekarang jalan itukan gersang, nanti setelah ditanam dan pohon besar akan menjadi rindang dengan jarak tanam 15 meter. Targetnya empat tahun udah rindang," jelas Nasrul.

Sementara Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) III Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Aidil Fitri mengatakan, untuk penanaman pohon pelindung di jalur Bypas tersedia satu sampai dua meter lahan, selebihnya lahan masyarakat. Untuk itu disarankan pohon dengan akar tunggang bukan melebar.

Kemudian, dalam jangka panjang pohon tidak merusak jalan dan mengganggu transportasi. "Kami siap dukung, namun pilihan pohon harus tepat dan sesuai kebutuhan," ucapnya.

Di sisi lain, selain penanaman pohon pelindung, perbatasan antara Padang dan Padang Pariaman juga akan ditanami bunga dengan bau khas.

[Joni Abdul Kasir]