Komunitas Sastra Bumi Mandeh Kembangkan Literasi Sastra di Kalangan Pelajar

Pelatihan Kepenulisan Sastra di SMAN 1 Bayang
Pelatihan Kepenulisan Sastra di SMAN 1 Bayang (Sulthan Indra)

PESSEL , KLIKPOSITIF --  Komunitas Sastra Bumi Mandeh (SBM) turun ke SMAN 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan utuk memberikan pemahaman dan keilmuan sastra, serta melatih para siswa agar bisa menulis sastra.

"Berbagai ilmu menulis kreatif kami berikan kepada pelajar agar mereka menjadi bibit-bibit baru di dunia sastra di Pessel dan Sumbar," ujar Ketua Komunitas SBM Sulthan Indra, Jumat, 31 Agustus 2018.

Penulis buku antologi puisi "Sajak Bulan di Puncak Singgalang" menjelaskan, kegiatan literasi di sekolah diberikan dalam bentuk proses kreatif sehingga peserta yang mengikuti tidak mudah bosan. Mereka seolah bermain tapi mendapatkan ilmu dan pengetahuan literasi sastra.

Baca Juga

"Target kami menumbuhkan kecintaan generasi muda akan literasi, terutama sastra," katanya.

Apalagi Pesisir Selatan terkenal dengan keindahan alamnya. Keindahan tersebut bisa jadi bahan mereka menulis, serta menggambarkan Mandeh, Carocok dan objek wisata lain dalam karya sastra, apakah dalam bentuk puisi, tulisan perjalanan dan feature.

"Kalau generasi muda sudah bergerak, ini akan menjadi promosi wisata, sekaligus mendukung program pemerintah daerah," terang Sulthan.

Sementara Kepala Sekolah SMAN 1 Bayang Nasrul, mengapresiasi kegiatan Komunitas Sastra Bumi Mandeh sebagai motor penggerak literasi di kalangan pelajar.

"Kegiatannya positif sekali, semoga ini berlangsung di setiap sekolah di Pessel ," ujarnya.

Pelatihan kepenulisan sastra dilaksanakan Kamis, 30 Agustus 2018 di SMAN 1 Bayang, melibatkan belasan peserta dan mendatangkan Ubaydillah Al Anshori penulis sastra dari Medan dan menjadikan halaman sekolah dijadikan tempat belajar kreatif.

[Joni Abdul Kasir]

Baca Juga

Penulis: Iwan R

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com