Soal Penerimaan CPNS 2018 di Sumbar, Ini Kata BKD

"Rencananya, pendaftaran dibuka pada 16-20 September 2018. "
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, Yulitar mengatakan, saat ini dirinya masih berada di Jakarta memenuhi kelengkapan syarat untuk mendapat formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018.

"Saya masih di Jakarta mengikuti pembahasan ini (formasi CPNS). Baru 82 daerah (provinsi, kabupaten dan kota) yang telah mendapat formasi CPNS. Daerah yang lain masih harus memenuhi kelengkapan syarat untuk mendapat formasi ini, termasuk Sumatera Barat (Sumbar),” ungkap Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, Yulitar, Kamis (6/9).

Sebelumnya, Pemerintah resmi mengeluarkan informasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018. Rencananya, pendaftaran dibuka pada 16-20 September 2018. Akan tetapi, pembagian kuota dan formasi penerimaan CPNS masih dibahas secara mendalam. Sebab, alokasi penerimaan CPNS itu diperuntukkan bagi 76 kementerian dan lembaga, serta 525 pemerintah provinsi, kabupaten, kota.

Pemerintah menetapkan kuota kuota CPNS 2018. Jumlahnya mencapai 238.015 posisi. Angka tersebut terbagi untuk instansi pemerintah pusat mencapai 51.271 kursi dan instansi pemerintah daerah sebanyak 186.744 kursi.

Kepastian jumlah kuota CPNS dimaksud tertuang dalam Permen PAN-RB Nomor 36 Tahun 2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS 2018 yang dibagikan di website Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Dalam peraturan tersebut, pemerintah menetapkan lima bidang prioritas. Yakni, bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, jabatan fungsional, dan jabatan teknis lainnya.

[Joni Abdul Kasir]