Semarakan Tahun Baru Hijriah, Nagari Lalan Sijunjung Gelar Lomba Dai

"lomba ini digelar untuk memberikan kegiatan positif bagi anak sejak usia dini"
ilustrasi: Lomba Dai cilik di Lubuk Kilangan (KLIKPOSITIF/Riki S)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF -- Memperingati tahun baru Islam 1440 Hijriah, Pemerintahan Nagari (Pemnag) Lalan, Kecamatan Lubuktarok, Kabupaten Sijunjung, akan menggelar lomba pemilihan dai cilik (Pildacil) pada 11 September 2018 mendatang.

Walinagari Lalan, Martonis mengatakan tujuan pelaksanaan lomba ini untuk memberikan kegiatan positif bagi anak sejak usia dini, dengan memberikan wadah kegiatan positif agar bisa membentuk generasi muda yang berkarakter dan santun dengan penuh islami.

"Lomba Pildacil dipilih untuk menjaring anak-anak agar berprestasi dalam memajukan dunia dakwah, dan mampu mengembangkan kreatifitasnya dalam keislaman di Nagari Lalan," katanya Sabtu, 8 September 2018.

Dia mengatakan peserta Pildacil berasal dari utusan masing-masing Jorong di kenagarian Lalang yakni Jorong Lalang, Jorong Sikaladi, Jorong Batu Anjung, Jorong Rumbai, dan Jorong Batang Lalan.

"Masing-masing Jorong boleh mengirimkan peserta berapa saja, yang penting masih kategori usia dini atau di bawah 10 tahun," ujarnya.

Selain itu, Pemnag Lalan juga menggelar tabligh akbar serta kesenian musik bernuansakan lagu-lagu Islami.

"Selain Pildacil, peringatan tahun baru Islam juga dimeriahkan dengan tabliq akbar yang akan disampaikan ustadz Ipda Syafril dari Polres Sijunjung, dan kesenian musik gambus," ujarnya.

Muhammad Haikal