Tim Ekpedisi Mapala Unsri Sukses Gapai Puncak Elbrus di Rusia

Tim Ekpedisi Mafesripala di Puncak Elbrus, Rusia
Tim Ekpedisi Mafesripala di Puncak Elbrus, Rusia (Suara.com)

KLIKPOSITIF -- Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Pecinta Alam (Mafesripala) Sumsel berhasil menapaki puncak Gunung Elbrus 5.642 mdpl di Rusia.

Dua anggota ekspedisi yang diutus dalam pendakian ke negara dekat perbatasan Georgia tersebut yakni Muhammad Razaq dan Muhammad Gilang Sukma Baskara. Keduanya merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Unsri

Mereka bersama tim guide yang ikut dalam misi tersebut menembus lintasan fix rope hingga sampai ke puncak Elbrus sekitar pukul 11.15 waktu Rusia. "Semua tim dan guide dalam keadaan selama," ujar salah satu pendaki dalam misi tersebut, Muhammad Razaq saat dihubungi suara.com jaringan KLIKPOSITIF .com, Sabtu (8/9/2018).

Baca Juga

Razaq yang sebelumnya juga terlibat dalam ekpedisi pendakian Gunung Kilimanjaro menceritakan jika proses summit attack dimulai dengan perjalanan menuju Leuprush dan naik menggunakan snowcat.

"Dalam perjalanan kondisi angin memang sangat kencang dengan cuaca berubah ubah. Tapi kita berkat kesungguhan tim, semuanya tetap bertahan. Alhamdulillah berhasil mencapai puncaknya," jelas dia.

Ia optimistis, mampu menaklukkan seven summits dalam kurun waktu tiga tahun yang telah dimulai tahun lalu. Gunung yang dijajal sesuai tingkat kesulitan pendakian.

"Tahun kemarin kita daki seven summits yang terbilang mudah didaki, yakni Carstensz Pyramid. Semakin ke sini, gunung yang kita daki makin sulit, Elbrus adalah yang ketiga," kata Razaq.

Atas capaian ini, tim Mafesripala Unsri segera membidik pendakian lain ke Gunung Aconcagua, Chile, Amerika Selatan. Sebelum berangkat, kedua mahasiswa itu menjalani serangkaian tes dan training center oleh pakarnya. Sebab, pendakian memerlukan kebugaran dan mental agar selamat sampai kembali ke tanah air.

"Kami juga sudah konsultasi dengan summiter (pendaki tujuh puncak dunia) asal Indonesia. Pengalaman mereka jadi pelajaran bagi kami," pungkasnya. (*)

Baca Juga

Penulis: Eko Fajri

Video Terbaru

Sumbar Kesulitan Solar

YouTube channel KlikPositif.com