Sambut HUT Lantas, Ini yang Dilakukan Ditlantas Polda Sumbar

"HUT Lalulintas diperingati setiap 22 September"
Lomba baris berbaris polisi cilik (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Menyambut HUT Lantas (Lalulintas) ke-63, Ditlantas Polda Sumbar gelar lomba Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dan musisi jalanan, Senin 10 September 2018.

Lomba yang digelar di Gedung Rangkayo Basa tersebut juga melombakan atraksi baris berbaris dari Polisi Cilik (Pocil) se -Satuan Lantas seluruh Polres di jajaran Polda Sumbar.

Menurut Wakil Direktur Lalulintas Polda Sumbar, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Hari Mulyanto, selain menyambut HUT Lalulintas tanggal 22 September nanti, lomba juga digelar sebagai edukasi siswa akan pentingnya keselamatan berlalulintas.

"Untuk Pocil dan PKS ini secara kontinyu dibina oleh Ditlantas. Hasilnya memang sangat positif. Dari analisa, motivasi belajar siswa jadi meningkat. Yang paling penting adalah edukasi tertib berlalulintas jadi tersampaikan. Para siswa juga semakin disiplin," ungkap Hari.

Selain itu, katanya, dengan pembentukan karakter, para siswa tidak terjerumus dalam hal-hal negatif yang saat ini masih banyak dilakukan oleh para remaja. 

Dengan memahami aturan berlalulintas, diharapkan para pelajar juga dapat menerapkan perilaku tersebut di kehidupan berlalulintas sehari-hari. "Semoga para pelajar dapat menjadi tauladan berkendara untuk masyarakat luas," harapnya.

Sementara itu, usai membuka kegiatan, Wakapolda Sumbar, Brigjenpol, Damisnur mengatakan, dari aspek gangguan lalulintas jalan raya memang selaras dengan laju pertumbuhan penduduk dan kendaraan, yang tidak seimbang dengan pembangunan infrastruktur jalan raya serta masih lemahnya pengawasan.

Saat ini, diakuinya pelanggaran lalulintas dapat dilihat kasat mata di titik-titik kemacetan. Untuk itu, upaya penanggulangan memang dapat dilakukan sejak dari pembenahan internal. "Untuk pembinaan eksternal, diharapkan masyarakat mampu menjadi pelopor masing-masing di jalan raya," pungkasnya.

[Cecep Jambak]