Payakumbuh Berencana Bangun Hotel Berbasis Budaya

"Wisata hotel bebasis budaya tersebut akan dibangun di lahan seluas 32 hektare"
Kabid Humas Diskominfo Pemko Payahkumbuh, Irwan Swandi (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Koto Payakumbuh, Sumatera Barat bakal membuka destinasi wisata baru dengan pengembangan hotel berbasis budaya Minangkabau dalam mendukung kemajuan kepariwisataan.

Kabid Humas Diskominfo Pemko Payahkumbuh, Irwan Swandi kepada KLIKPOSITIF mengatakan, pengembangan hotel berbasis budaya tersebut sudah masuk dalam program Wali Kota Payakumbuh.

"Rencana ini, sesuai dengan keinginan bapak wali kota untuk menciptakan wisata baru, diantaranya dengan melihat potensi daerah pinggiran, untuk pengembangan hotel berbasis budaya di Payakumbuh," terang Irwan Swandi saat menghadiri kegiatan Bimtek Humas Pemkab Pessel dan Wartawan di Pessel di Limapuluh Kota, Senin 10 September 2018.

Dia menjelaskan, wisata hotel bebasis budaya tersebut akan dibangun di lahan seluas 32 hektare, dengan dilengkapi fasilitas elit, seperti lapangan Golf dan pengembangan potensi wisata lainnya.

"Lahan pinggiran seluas 32 hektare ini terletak di daerah Tanjung Ampangan, Payahkumbuh. Dan ini, kita juga memanfaatkan lahan masyarakat Payakumbuh dengan dengan sistem sewa selama 30 tahun," jelasnya.

Lanjutnya, pengembangan destinasi hotel berbasi budaya tetsebut, sudah mulai dikembangkan dengan tahap sosialisasi pada masyarakat. Dan rencananya, terget ini akan segera direalisasikan jika antara masyarakat dan Pemko dapat kesepahaman.

"Rencana ini sudah disosialisasikan kepada masyarakat dan secepatnya secara bertahap akan segera terwujud," pungkasnya.

[Kiki Julnasri]