Bangun Closed House, Unand Berencana Memproduksi Ayam Broiler

"Pembangunan tersebut dilakukan oleh Fakultas Peternakan Unand sebagai tempat riset dan pengabdian untuk masyarakat"
Kampus Unand (internet)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Universitas Andalas (Unand) akan memproduksi puluhan ribu ayam broiler perbulan dengan pengolahan teknologi terkini dan terintegrasi. Pasalnya, saat ini pembangunan fisik 'closed house' atau kandang ayam yang bekerjasama dengan Charoend Pokphand Indonesia sudah 95 persen.

Kandang dengan kapasitas 20 ribu ayam tersebut saat ini tinggal melengkapi panel air dan ventilasi udara agar ayam tidak stres. Pembangunan tersebut dilakukan oleh Fakultas Peternakan Unand sebagai tempat riset dan pengabdian untuk masyarakat.

Dekan Fakultas Peternakan Unand, Prof. James Hellyward menjelaskan, 'closed house' ini tidak hanya menjadi tempat pengembangan ayam semata, namun juga menjadi wadah penelitian atau riset dari mahasiswa Peternakan Unand. Bukan itu saja, mahasiswa luar fakultas juga akan terlibat dalam pengembangan ayam tersebut.

Dalam pengembangannya, pembangunan ini akan mensinergikan jurusan yang ada di Unand, mulai dari sisi ekonomi, pengolahan dan riset lainnya. "Ini sedang kami pikiran apakah masuk ayam keluar ayam atau masuk ayam keluar nugget atau sosis nantinya," jelas James, Kamis pagi di Unand.

Kata James, akhir September ini 'closed house' tersebut sudah mulai diisi ayam broiler dengan estimasi atau perkiraan, dalam satu tahun bisa dilakukan 8 kali panen. Untuk jenis ayam tersebut, sejak mulai dimasukkan ke kandang, 28 hari setelah itu sudah bisa dipanen.

"Mahasiswa dan dosen akan berhitung, apakah ayam keluar ayam, itu nanti yang akan dilakukan atau ayam keluar nugget dan sosis. Kandang ini akan menjadi lahan riset untuk dosen dan mahasiswa," tuturnya.

Sementara, Rektor Unand, Prof. Tafdil Husni mengatakan, Unand saat ini tidak hanya fokus dalam bidang akademik saja, tapi sudah mulai bergerak untuk income (pemasukan). Beberapa sumber pemasukan Unand sudah dimulai dari Rumah Sakit Unand dan setelah itu 'closed house'.

"Selain itu, pengabdian kepada masyarakat juga ... Baca halaman selanjutnya