Diumur 62 Tahun, Unand Ingin Dapatkan Pengakuan Dunia Internasional

"Diketahui, tahun ini saja, kampus yang terletak di Limau Manis, Kota Padang itu sudah bekerja sama dengan 6 kampus luar negeri"
Gedung rektorat Universitas Andalas (Quipper)

PADANG, KLIKPOSITIF - Universitas Andalas (Unand) Padang berhasil menempati peringkat 10 klasterisasi perguruan tinggi non vokasi tahun 2018 penilaian Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia .

Prestasi tersebut menjadi penyemangat kampus yang kini berusia 62 tahun itu untuk bersaing ditingkat internasional.

Diketahui, tahun ini saja, kampus yang terletak di Limau Manis, Kota Padang itu sudah bekerja sama dengan 6 kampus luar negeri.

Keenam kampus tersebut diantaranya adalah Osaka Univesity, Toyohashi Univesity of Technology dan Ming Chi Univesity of Technology.

Rektor Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumbar, Prof Tafdil Husni mengatakan, sejak diresmikan 62 tahun lalu oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta Unand terus memberikan Inovasi untuk kejayaan bangsa.

Kemajuan Unand tertinggi di bidang Sumber Daya Manusia (SDM), terlihat dari berbagai riset atau penelitian yang diterbitkan dosen Unand.

Hasil riset itu, menurut dia kedepannya harus diterbitkan dalam bentuk artikel di jurnal internasional dan memiliki hak paten sehingga gaung Unand mendunia.

"Kami menargetkan untuk pengakuan tingkat Internasional, sebab di Indonesia kita cukup baik dalam kualitas SDM, kualitas kelembagaan, kegiatan kemahasiswaan, penelitian dan pengabdian masyarakat," jelasnya usai Rapat Sidang Terbuka Dies Natalis Unand Ke-62 Tahun 2018 di Convention Hall Kampus Unand Limau Manis.

Di momen tersebut pihak rektorat memberikan penghargaan kepada fakultas yang sukses mengangkat nama Unand. Selain itu penghargaan yang diberikan atas kerja Fakultas dalam merealisasikan anggaran yang diberikan.

"Harapan kami harus banyak mendapatkam pengakuan internasional, kemudian mahasiswa luar negeri semakin banyak kuliah di Unand. Kami juga sedang mengusahakan akreditasi jurusan dari B menjadi A dan dari C ke B," tukasnya kemudian.

[Joni Abdul ... Baca halaman selanjutnya