Kedutaan Swedia untuk Indonesia dan Wikimedia Indonesia Bawa WikiGap ke Padang

"Kesetaraan gender selalu menjadi salah satu prioritas utama Swedia"
Kedutaan Swedia untuk Indonesia, bersama Wikimedia Indonesia, bekerja sama menyelenggarakan acara WikiGap (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kedutaan Swedia untuk Indonesia, bersama Wikimedia Indonesia, bekerja sama menyelenggarakan acara WikiGap di Hotel Amaris Padang, Minggu (16/9).

Peserta yang hadir dalam acara itu yakni wanita di Padang, untuk menjadi kontributor Wikipedia dan menambah jumlah artikel tentang perempuan di internet dalam Bahasa Indonesia dan Minang (Baso Minang).

Kepala Bagian Perdagangan dan Promosi di Kedutaan Swedia untuk Indonesia, Linda Backteman dalam sambutannya mengatakan bahwa isu gender juga menjadi hal yang sangat hangat dibicarakan di negara itu. "Sehingga dengan adanya keberpihakan dan peran perempuan dalam menulis artikel di internet, menjadi kontribusi yang bagus dalam hal ini," katanya.

Acara yang dimulai pada pukul 10.00 Wib hingga pukul 15.30 Wib itu dihadiri oleh 30 peserta dari berbagai kalangan perempuan, umum dan mahasiswa. Hal itu berpartisipasi dan mengkontribusikan tulisan mereka untuk Wikipedia.

Wikipedia, ensiklopedia daring terbesar di dunia yang disunting oleh penggunanya, memiliki hampir 50 juta artikel. Tapi jumlah kontributor perempuan jauh lebih sedikit dari jumlah kontributor laki-laki, dan artikel tentang laki-laki empat kali lebih banyak dari artikel perempuan.
Indonesia memiliki 700 bahasa daerah, tapi hanya sembilan yang dipakai di Wikipedia, salah satunya adalah Baso Minang.

Mengingat Padang memiliki sistem kekerabatan matrilineal yang kuat, komunitas Padang diharapkan bisa menjadi pelopor dalam menutup kesenjangan gender, dan bisa mempengaruhi komunitas lain di Indonesia untuk sadar akan adanya kesenjangan gender di internet. Hingga kini, ada 200 000 artikel dalam Baso Minang, dan WikiGap Padang bertujuan untuk mendorong para kontributor wanita supaya lebih aktif menulis artikel terutama tentang wanita dalam bahasa Indonesia dan Minang.

Linda mengungkapkan WikiGap Padang merupakan kelanjutan dari WikiGap Yogyakarta, “Dengan WikiGap Yogyakarta ... Baca halaman selanjutnya