Ditimpa Longsor, Jalan Sicincin-Malalak Sempat Terputus

"Longsor menutup badan jalan sepanjang 9 hingga 11 meter dengan ketinggian 10 sampai 15 meter, namun sekarang sudah bisa dilewati"
Kondisi jalan Malalak yang longsor. (istimewa)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Tingginya curah hujan di wilayah Kabupaten Agam mengakibatkan terjadinya longsor di ruas Jalan Sicincin-Malalak, tepatnya di dua titik. Longsor pertama terjadi di Simpang Tower Hulu Banda, Jorong Salimpauang, Nagari Malalak Utara.

Petugas Pusdalops BPBD Agam lukman mengatakan, longsor terjadi pukul 13.30 WIB, Minggu 16 September 2018. "Longsor menutup badan jalan sepanjang 9 hingga 11 meter dengan ketinggian 10 sampai 15 meter, namun sekarang sudah bisa dilewati," jelas Lukman.

Longsor juga terjadi di titik lain yakni di Jorong Limo Badak, Nagari Malalak Timur yang menutupi sebagian ruas jalan dan membawa material berupa batu-batuan. Selain di Malalak, longsor juga terjadi di Tanjung Raya yang mengakibatkan tertutupnya sebagian ruas jalan di Jorong Tanjung Sani, Nagari Sungai Batang.

Sementara, Kalaksa BPBD Agam, Lutfi menyebut, cuaca buruk seperti ini mesti diwaspadai, terutama bagi pengendara yang melintasi daerah perbukitan. "Diharapkan sangat hati-hati saat lewat perbukitan, kalau bisa dihindari. Satu lagi, pohon tua atau lapuk juga mesti diwaspadai," ujarnya.

[Hatta Rizal]