Cuaca Buruk, Harga Ikan Tongkol di Padang Naik

Pedagang ikan di Pasar Raya Padang
Pedagang ikan di Pasar Raya Padang (KLIKPOSITIF/Halbert Chaniago)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Cuaca buruk yang diwarnai dengan hujan deras dan angin kencang yang melanda Kota Padang sejak pekan lalu berdampak pada harga salah satu jenis ikan yang dijual di Kota Padang . Ikan itu yakni ikan Tongkol.

Salah satu pedagang di Pasar Raya Padang , Darwin (43) mengatakan, saat ini harga ikan Tongkol mencapai Rp50 ribu per kilogram, sedangkan sebelumnya hanya Rp40 hingga Rp45 ribu per kilogram.

Menurut Darwin, Tongkol merupakan salah satu jenis ikan yang paling diminati oleh warga Padang , hanya saja pengaruh cuaca buruk membuat ikan itu sulit ditemukan nelayan.

Baca Juga

"Nelayan biasanya bisa mendapatkan 50 kilogram per hari, saat ini nelayan takut untuk melaut karena cuaca yang sering badai," katanya pada KLIKPOSITIF , Senin 17 September 2018 siang.

Dengan naiknya harga ikan Tongkol itu, minat masyarakat juga turun. Darwin menjelaskan, hal tersebut berdampak pada menurunnya pendapatan pedagang.

"Penurunnya sampai 20 persen per harinya, namun untuk angkanya tidak bisa saya perkirakan karena memang penjualannya bervariasi setiap hari," pungkas dia.

Nasib yang sama juga dialami oleh Ujang (52), pedagang ikan di Pasar Lubuk Buaya. Bahkan dirinya mengaku, sudah 4 hari ini belum mendapatkan ikan jenis Tongkol tersebut dari nelayan.

"Mungkin karena harganya mahal, jadi masyarakat langsung membelinya pada nelayan yang baru lego jangkar usai melaut. Kalau sama nelayan langsung harga bisa lebih murah, kisaran antara Rp35 ribu hingga Rp40 ribu per kilogram," pungkasnya kemudian.

Di sisi lain, Darwin dan Ujang sama-sama tidak mengetahui sampai kapan harga ikan Tongkol yang tinggi ini akan bertahan. "Mungkin sampai cuaca benar-benar bagus, kapannya kami tidak tahu pasti," tukas Ujang.

[Halbert Chaniago]

Baca Juga

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com