Pengurusan SKCK di Polres Sijunjung Meningkat Hampir 9 Persen

"pemohon harus membawa KTP asli dan fotokopi, membawa Kartu Keluarga asli dan fotokopi, membawa akta kelahiran asli dan fotokopi serta pas foto 4x6 sebanyak 6 lembar. Biaya yang dikenakan adalah Rp30 ribu"
Para pencari kerja dan pendaftar CPNS mengurus SKCK di Polres Sijunjung. (KLIKPOSITIF/Muhammad Haikal)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF -- Kepala Satuan Intelkam (Kasat Intelkam) Polres Sijunjung, Iptu Adisman mengatakan, sejak diumumkan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS), jumlah pemohon surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) meningkat.

"Dari seminggu lalu, sudah terasa peningkatannya. Jika hari biasa pemohon hanya 3 orang, sekarang bisa 25 orang," katanya di Mapolres Sijunjung, Rabu 19 September 2018.

Adisman melanjutkan, pelayanan SKCK dibuka pada Senin sampai Kamis pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB, Jumat pukul 08.00 WIB hingga 14.30 WIB dan Sabtu pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Syarat-syaratnya, pemohon harus membawa KTP asli dan fotokopi, membawa Kartu Keluarga asli dan fotokopi, membawa akta kelahiran asli dan fotokopi serta pas foto 4x6 sebanyak 6 lembar. Biaya yang dikenakan adalah Rp30 ribu.

"Jika persyaratan pemohon lengkap, pemohon akan menunggu sesuai antrian atau sekitar 10 menit selesai," tambahnya.

Salah seorang warga, Ayani mengaku mengantarkan anaknya ke pelayanan SKCK Polres Sijunjung untuk keperluan mencari pekerjaan termasuk melamar CPNS. "Untuk melamar pekerjaan, termasuk CPNS yang harus saja lulus studi strata satu," ungkapnya.

Sementara itu, petugas pelayanan SKCK, Bripda Pratiwi membenarkan, kebanyakan dari yang mengurus memang diperuntukkan dengan tujuan persyaratan kerja. "Untuk memudahkan masyarakat, saat ini kita sudah ada pendaftaran SKCK online. Pemohon bisa menggunakan aplikasi SKCK Polres Sijunjung," ujarnya.

[Muhammad Haikal]