Pertamina Larang Pengusaha Restoran Pakai Gas Elpiji 3 Kilogram

"Gas tiga kilogram yang diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF-- PT Pertamina (Persero0 melarang restoran untuk menggunakan bahan bakar gas bersubsidi. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan gas LPG bersubsidi tersebut.

"Gas LPG 3 kilogram itu diperuntukkan bagi masyarakat yang kurang mampu, jadi kami berharap agar pihak restoran agar tidak menggunakannya," kata unit manager komunikasi dan CSR PT Pertamina Sumbagut, Rudi.

Ia menjelaskan, gas tiga kilogram yang diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu hingga saat ini masih banyak digunakan oleh kalangan pengusaha Rumah Makan atau restoran.

"Kami berharap kepada pemerintah daerah juga ikut dalam melakukan pengawasan terkait gas subsidi tersebut agar tepat sasaran," lanjutnya.

Menurutnya, persoalan tidak tepat sasaran tersebut mengakibatkan seringnya terjadi kelangkaan gas tiga kilogram di sejumlah daerah

"Kami masih melakukan pengawasan, bagaimana agar gas tiga kilogram ini bisa tepat sasaran, sehingga tidak terjadi lagi kelangkaan," sambungnya.

Sejauh ini, kata Rudi, pihaknya juga tidak bisa memberikan sanksi terhadap restoran yang menggunakan gas tiga kilogram tersebut karena tidak ada aturan yang mengaturnya.

"Kami hanya bisa mengimbau agar pengusaha tidak menggunakan gas tiga kilogram tersebut dan kami juga berharap agar pemerintah ikut dalam melakukan pengawasannya," pungkas Rudi kemudian.

[Halbert Caniago]