Puluhan Massa Bentrok dengan Polisi di Limapuluh Kota, Ada Apa?

"Sebelum bentrokan terjadi, puluhan massa tampak terlibat keributan adu mulut"
Bentrokan di depan Mapolres Limapuluh Kota (Istimewa)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Puluhan massa terlibat bentrok dengan aparat kepolisian yang berjaga di sebuah kawasan di Kabupaten Limapuluh Kota. Bentrokan tersebut terjadi terkait proses Pemilihan Umum (Pemilu), Rabu 19 September 2018 siang. Bentrokan terjadi di sekitaran Polres Limapuluh Kota.

Sebelum bentrokan terjadi, puluhan massa tampak terlibat keributan adu mulut, mereka tidak terima dengan hasil perhitungan suara. Namun lama kelamaan massa memanas dan merusak beberapa tempat di sekitaran TPS.

Sadar situasi tidak lagi kondusif, petugas TPS kemudian melapor ke Kepolisian Sektor (Polsek). Dari situ petugas Polsek langsung berkoordinasi dengan Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Limapuluh Kota.

Setelah menerima laporan terkait kericuhan tersebut, Kabag Ops langsung menurunkan personil Polres Limapuluh Kota untuk menertibkan kembali masa yang mulai tidak terkontrol.

Tim negosiator yang mencoba berdialoh dengan masa tak membuahkan hasil. Akibatnya, bentrok antara masa dan petugas tidak bisa dihindarkan.

Dalam menyikapi tingkah laku anarkir dari masa tersebut, petugas mulai membentuk formasi Pengendalian Massa (Dalmas). Namun hal itu tak mampu meredam amukan masa.

Alhasil, tim Dalmas penertipan membantu Dalmas awal untuk melakukan penangan lebih lanjut. Dari kericuhan tersebut, beberapa provokator akhirnya diamankan dan masa akhirnya membubarkan diri.

Pananganan kericuhan yang terjadi di salah satu TPS di Kabupaten Limapuluh Kota tergambar pada simulasi pengamanan kota (Sispamkota) yang dilakukan Polres Limapuluhh Kota dalam rangka kontijensi Pemilu 2019 mendatang. Kegiatan simulasi dilaksanakan di lapangan apel Polres Limapuluh Kota, Sarilamak, Rabu.

Kapolres Limapuluh Kota AKBP Haris Hadis yang memimpin kegiatan simulasi itu menyebut, tujuan dilaksanakannya simulasi kericuhan di TPS adalah untuk melatih kemampuan dan keterampilan personel Polres 50 Kota dalam menangani ... Baca halaman selanjutnya