Pemeliharaan Irigasi, Langkah Pemerintah Mendukung Ketahanan Pangan

"Irigasi ini kaitannya erat dengan ketahanan pangan"
Direktur Jendral Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Diah Indrajati, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Sumatera Barat Rifda Suriani (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG,KLIKPOSITIF -- Direktur Jendral Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Diah Indrajati menjelaskan pemeliharaan infrastruktur irigasi merupakan langkah pemerintah dalam mendukung ketahanan pangan di Indonesia.

Menurutnya, bagaimana ketahanan pangan atau swasembada pangan tercapai jika infrastruktur pendukung rusak. Untuk itu dalam pertemuan operasi dan pemeliharaan (OP) Sumber Daya Air wilayah Barat, yang diikuti 17 provinsi di Indonesia yang berasal dari Pulau Sumatera, Jawa, dan Bali, akan dibahas persoalan tersebut.

“Perlu dicari solusi bersama tentang kondisi OP sumber daya air untuk wilayah Barat ini. Penting sekali adanya pemeliharaan irigasi, karena setelah fisik sudah dibangun, dan tidak dipelihara, maka tidak akan berfungsi sebagai lifetime yang diprediksikan,” ungkapnya, Selasa 18 September 2018 malam kemarin.

Tidak hanya itu, Dia menyebut acara itu juga akan membahas beberapa hal yang berkaitan dengan operasi dan pemeliharaan irigasi.

"Irigasi ini kaitannya erat dengan ketahanan pangan. Kami ingin dapatkan progres dan informasi dari Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air di daerah. Dari hasil evaluasi banyak yang statusnya masih belum bagus. Makanya kami ingin dapatkan masukan dan informasi apa kendalanya, apakah soal dana ngga ada. Atau dana ada tapi SDM kurang, atau seperti apa," katanya.

Menurutnya, dari pertemuan tersebut nantinya akan dirangkum sejumlah persoalan yang disampaikan dari 17 provinsi yang hadir tersebut, dan ditindaklanjuti dengan evaluasi di tingkat pemerintah pusat. Untuk itu, melalui pertemuan tersebut, juga akan ada penghargaan kepada daerah yang lakukan OP sangat bagus, OP mantap, ideal, dan prima. Penghargaan itu sebagai motivasi untuk meningkatkan upaya pemeliharaan terhadap Sumber Daya Air.

Sementara itu Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan pertemuan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air itu sangat penting bagi daerah Sumatera ... Baca halaman selanjutnya