Puluhan Guru Honorer di Sijunjung Protes Soal Penerimaan CPNS 2018

"Penerimaan CPNS tersebut merupakan sebuah polemik yang terjadi di berbagai daerah termasuk di Sijunjung"
Puluhan guru honorer di Sijunjung berdialog dengan DPRD setempat, Kamis (Istimewa)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF -- Puluhan tenaga honorer guru dan penjaga sekolah honorer kategori dua (K2) Kabupaten Sijunjung menggelar aksi protes ke gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sijunjung pada Kamis 20 September 2018 siang.

Ketua Forum Honorer Kategori 2 Indonesia (FHK2-I) Sijunjung, Mayono mengatakan dalam aksi ini, mereka memprotes soal Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Nomor 36 dan 37 tahun 2018, tentang kriteria penetapan kebutuhan PNS dan pelaksanaan seleksi CPNS 2018 ke legislator.

Dalam aksi, puluhan guru honorer tersebut menilai penerimaan CPNS tersebut merupakan sebuah polemik yang terjadi di berbagai daerah termasuk di Sijunjung. Polemik ini harus segera dituntaskan oleh pemerintah.

"Ada tiga tuntutan kami yakni menolak penerimaan CPNS jalur umum sebelum HK2I dan honorer dituntaskan, menuntut prioritas HK2 dan honorer jadi PNS 100% tanpa syarat batas umur, kemudian mengangkat HK2 dan honorer dituntaskan tahun ini," katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung, Yusdarti dihadapan massa aksi mengaku sudah pernah menyampaikan persoalan itu ke pemerintah pusat.

Saat penyampaian persoalan itu, ia juga mengaku bahwa pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan DPRD se Indonesia memperjuangkan nasib pegawai kontrak, honorer dan bukan hanya K2.

"Tanggal 25 September 2018 nanti akan ada rapat DPRD se Indonesia, disini aspirasi FHK2-I akan diadukan ke pusat melalui asosiasi," ucap dia.

Wakil Ketua DPRD Sijunjung, Walbardi juga menyampaikan hal yang sama. "Harapan kami hendaknya bukan hanya sebatas aspirasi tapi hendaknya terwujud," ujar dia.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pendidikan Sijunjung, Ramler tidak menampik keluhan para guru honorer yang berharap diangkat jadi CPNS itu.

"Saat ini tercatat ada 370 guru honorer K2. Tapi yang bisa ikut seleksi CPNS hanya 22 orang yang memenuhi syarat berdasarkan umur. ... Baca halaman selanjutnya