Sumatera Barat Terkena Dampak Badai Mangkhut, Waspada Cuaca Buruk

"Dampak dari badai ini diprediksi melanda banyak daerah yang ada di Indonesia"
Ilustrasi badai Mangkhut (Evening Standard)

NASIONAL, KLIKPOSITIF -- Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika menyebutkan bahwa Provinsi Sumatera Barat akan terkena dampak dari badai Mangkhut yang telah berakhir sejak beberapa hari yang lalu.

Dampak dari badai ini diprediksi melanda banyak daerah yang ada di Indonesia, salah satunya Sumatera Barat sendiri.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R. Prabowo mengatakan, dampak dari badai ini membuat melemahnya aktivitas aliran massa udara kering dari Australia, dan menjauh dari wilayah Indonesia.

"Untuk itu, masyarakat perlu waspada terhadap potensi adanya peningkatan potensi hujan di sebagian wilayah Indonesia," katanya dalam sebuah keterangan resmi.

Ia menjelaskan bahwa adanya pola sirkulasi siklonik di sekitar Laut Cina Selatan, peningkatan kelembapan udara yang basah di lapisan atmosfer pada ketinggian sekitar 1.500 dan 3.000 meter serta belokan arah angin.

Kemudian perlambatan kecepatan angin pada lapisan atmosfer bagian bawah (sekitar 1.000 meter) akan mengakibatkan pembentukan dan pertumbuhan awan hujan di sejumlah wilayah Indonesia.

"Kondisi dinamis atmosfer tersebut dapat meningkatkan potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di beberapa wilayah Indonesia dalam periode 3 hari ke depan (20-22 September 2018)," jelas dia.

Selain Sumbar, daerah-daerah yang berpotensi mengalami dampak badai adalah Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Papua.

Sedangkan potensi gelombang tinggi 2.5 hingga 4.0 meter, menurut dia, diperkirakan dapat terjadi di perairan Barat Kepulauan Mentawai, Perairan Enggano-Bengkulu, dan Perairan Barat Lampung.

Kawasan lain yakni Samudra Hindia Barat Aceh Hingga Lampung, Selat Sunda Bagian Selatan, Perairan Selatan Pulau Jawa hingga Pulau Sumbawa, Selat Bali-Lombok-Alas Bagian ... Baca halaman selanjutnya