Heritage dan Creative Industry Jadi Sasaran Minangkabau Travel Mart 4

"MTM akan mempertemukan seller dan buyer dari Indonesia dan luar negeri semisal Jepang, Malaysia dan Australia untuk mengunjungi wilayah Sumatera Barat selama tiga hari tersebut."
Istana Basa Pagaruyung yang bakal dikunjungi peserta MTM (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI,KLIKPOSITIF -- Para pelaku wisata Sumatera Barat yang tergabung dalam Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) akan menghelat Minangkabau Travel Mart (MTM) 4 dan dipusatkan di Padang Panjang 2-5 Oktober 2018.

MTM merupakan ajang pertemuan bisnis antara sesama pelaku wisata yang ditambah dengan metode rekreatif dalam beberapa hari.

MTM akan mempertemukan seller dan buyer dari Indonesia dan luar negeri semisal Jepang, Malaysia dan Australia untuk mengunjungi wilayah Sumatera Barat selama tiga hari tersebut.

Seller terdiri dari Travel Agen Lokal, Air Lines, PHRI, dan Pelaku Industri sedangkan Buyer umumnya berasal dari Travel Agen Indonesia dan mancanegara.

"Kali ini temanya Heritage and Creative Industry yang diikuti 100 buyer dan 50 seller," kata Ketua Panitia Pelaksana Muhammad Subari didampingi Sekretaris Muhammad Abdi, Kamis 20 September 2018 dalam konfrensi pers di Hotel Mersi.

Berbagai atraksi khas seperti Silek Lanyah akan ditampilkan ke hadapan Travel Agent , begitupun sederet objek wisata heritage dan industri kreatif di wilayah Padang Panjang, Batu Sangkar, Puncak Lawang, Bukittinggi, dan Padang akan dikunjungi oleh buyer dan seller.

Para seller akan menawarkan potensi wisata yang dimilikinya kepada buyer, sedangkan buyer, jika tertarik akan menjadikan itu sebuah paket wisata bagi wisatawan di daerahnya masing-masing.

"Kita juga akan lounching desa wisata Sigando di Padang Panjang saat kegiatan. Padang Panjang kita pilih juga salah satunya karena sangat serius mendukung iven ini,"ujarnya.

MTM sudah berjalan dalam tiga tahun terakhir, sejak 2015. Edisi pertama MTM mengangkat tema Green Tourism, tahun berikutnya bertema Adventure and Marine Tourism dan pada 2017 temanya yakni MICE And Sport Tourism.

Panitia mengklaim, dalam tiga tahun pelaksanaan MTM berperan penting dalam mendongkrak pamor wisata Sumbar di tingkat nasional maupun internasional. ... Baca halaman selanjutnya