Bahas literasi dan Merantau, Ini Pidato Irwan Prayitno Saat Terima Penghargaan Pena Emas dari PWI

"Anugerah Pena Emas merupakan penghargaan tertinggi PWI yang diberikan kepada tokoh masyarakat yang berjasa pada bangsa dan negara, memberikan perhatian untuk kemajuan dunia pers."
Gubernur Irwan Prayitno (Ist)

KLIKPOSITIF -- Gubernur Sumbar Irwan Prayitno hari ini dianugerahi Pena Mas oleh organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat. Prosesi penganugrahan berlangsung di aula kantor Gubernur Sumbar.

Baru dua orang di Sumbar yang mendapat pena emas. Pertama dianugerahi Rosihan Anwar.

Anugerah Pena Emas merupakan penghargaan tertinggi PWI yang diberikan kepada tokoh masyarakat yang berjasa pada bangsa dan negara, memberikan perhatian untuk kemajuan dunia pers.

Berikut Pidato Pidato Irwan Prayitno Saat Terima Penghargaan Pena Emas dari PWI:

MINANGKABAU DALAM JATI DIRI PERS NASIONAL

"Provinsi Sumatera Barat yang juga dikenal dengan Ranah Alam Minangkabau adalah salah satu Provinsi yang terletak di Pulau Sumatera, tepatnya di bagian Tengah pesisir Barat Pulau Sumatera. Provinsi dengan singkatan SUMBAR ini berbatasan dengan Provinsi Sumatera Utara dibagian Utaranya serta Provinsi Bengkulu dan Provinsi Jambi di bagian Selatannya. Di sebelah Timur, Provinsi Sumatera Barat berbatasan dengan Provinsi Riau sedangkan di sebelah barat Provinsi Sumatera Barat merupakan Lautan luas yaitu Samudera Hindia. Provinsi Sumatera Barat berdiri pada tanggal 31 Juli 1958 berdasarkan Dasar Hukum UU No. 61 Tahun 1958. Ibukota Provinsi Sumatera Barat adalah Kota Padang.

Berdasarkan letak Geografis, Provinsi Sumatera Barat berada di 1° 54’ Lintang Utara dan 3° 30’ Lintang Selatan serta 98° 36’ dan – 101° 53’ Bujur Timur. Luas wilayah Provinsi Sumatera Barat adalah 42.012,89 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 5.383.988 jiwa (sumber: BPS 2015).

Secara Administratif, Provinsi Sumatera Barat terdiri dari 12 Kabupaten dan 7 Kota. Dengan kondisi geografis dan topografisnya, wilayah Sumbar banyak mempunyai potensi yang luar biasa. Kepariwisataan, pertambangan, ... Baca halaman selanjutnya