UIN Imam Bonjol Padang Berikan Gelar Doktor HC untuk UAS

"Proses pemberian gelar Doktor HC itu panjang"
UAS saat memberikan kuliah umum di GSG UIN Imam Bonjol Padang (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF – UIN Imam Bonjol Padang berencana akan memberikan gelar Doktor Honoris Causa (HC) kepada Ustad Abdul Somad  (UAS). Wacana tersebut mengemuka begitu ustad yang dikenal di seantero Tanah Air ini, mengisi kuliah umum di UIN Imam Bonjol Padang, Kamis, 20 September 2018.

“Ini baru wacana dari kampus, dan wacana ini disampaikan oleh Ketua Senat Prof Syaifullah sejak lama kepada pak Rektor, dan pak rektor beserta semua civitas akademika UIN Imam Bonjol Padang menyambut baik wacana tersebut,” kata Humas UIN Imam Bonjol Padang Suardi Sikumbang kepada klikpositif.com via handphone, Jumat, 21 September 2018.

Rektor UIN Imam Bonjol Padang Putra Eka Wirman membenarkan wacana pemberian gelar Doktor HC untuk UAS tersebut. Namun, kapan akan diberikan dan bagaimana proses pemberian gelar Doktor HC itu, ia sendiri mengaku belum bisa memastikannya, karena masih dibahas. “Proses pemberian gelar Doktor HC itu panjang,” ujarnya.

Dijelaskannya, untuk tahapan pemberian gelar Doktor HC, pertama itu harus ada ajuan atau usulan dari program study, lalu usulan itu dibahas di tingkat fakultas. Setelah dibahas, kemudian diajukan ke rektorat atau rektor. Lalu, rektor menyerahkan usulan itu ke tim pemberian gelar penghargaan dan kehormatan Doktor HC untuk dilakukan rapat senat.

“UIN sendiri harus menghormati aturan pemberian gelar Doktor HC,” bebernya. Kemudian ketika ditanya sejauh mana dukungan dari civitas akedemikan, Eka menyebut dukungan itu masih berlangsung. Bahkan saat ini, masih dicarikan program study yang akan mengusulkan pemberian gelar tersebut. “Saya sendiri saat ini masih memikirkan prody apa yang akan mengusulkan gelar Doktor HC untuk UAS," pungkas Eka.

Sebelumnya, Kamis, 20 September 2018, Ustad Abdul Somad yang akrab disapa UAS itu, hadir di UIN Imam Bonjol Padang untuk memberikan kuliah umum kepada civitas akademika yang diadakan di Gedung Serba ... Baca halaman selanjutnya