'Raja Demo' Putuskan Jadi Caleg di Bukittinggi

"Saya minta doa restu untuk DPRD Bukittinggi untuk menjadi wakil rakyat, Insya Allah amanah"
Ivans Haykel saat berorasi di depan Kantor DPRD Bukittinggi (Ist)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum Kota Bukittinggi secara resmi mengumumkan Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu 2019.

Ketua KPU Bukittinggi Benny Aziz menyebut, ada sebanyak 307 caleg dari 15 parpol yang akan bersaing menjadi anggota DPRD Bukittinggi untuk merebut 25 kursi.

"Itu tidak mengalami perubahan dari DCS yang diumumkan pada Bulan Agustus 2018,"sebut Benny Aziz.

Dari 307 nama yang ditetapkan KPU, terdapat satu yang menyita perhatian, yakni munculnya nama aktivis sekaligus 'raja demo' Ivans Haykel.

Ivans Haykel maju dari PPP dan mendapat nomor urut 4 untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Guguak Panjang.

Rasanya tak ada yang tak mengenal sosok pria berkacamata ini, ia sudah tak terhitung lagi menjadi koordinator demo.

Dalam catatan KLIKPOSITIF, Ivans Haykel sangat lihai memobilisasi massa, tiap demonya selalu diikuti ratusan orang, terutama dalam 5 tahun terakhir.

Ia pernah mendemo Pemerintah di DPRD Bukittinggi terkait kabut asap, demo menolak kedatangan Jokowi, demo naiknya harga BBM, demo driver online terkait pemotongan poin, atau demo bersama mahasiswa di kampus. Teranyar ia menjadi koordinator aksi demo warga Stasiun.

"Saya minta doa restu untuk DPRD Bukittinggi untuk menjadi wakil rakyat, Insya Allah amanah," jelasnya, Jum'at 21 September 2018.

Haykel menyebut, sebenarnya ia tak minat jadi Anggota DPRD. Hanya saja, pasca rusuh Stasiun pertengah tahun 2018 ini, ia didesak banyak orang agar ikut bertarung di Pileg.

Lantas, salah satu tokoh adat di Bukittinggi, Dt Tinggi memintanya ikut maju, Haykel tak mampu mengelak dan memutuskan maju lewat Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Sebenarnya saya minat jadi Komisioner KPU, tapi karena desakan banyak pihak, saya putuskan maju. Jika saya duduk di sana, tentu akan lebih bisa mempengaruhi kebijakan pemerintah,"ulas pecinta mobil klasik ini.

Terkait demo ... Baca halaman selanjutnya