Ajak Masyarakat Tertib, Penggunaan Helm Jadi Sorotan Satlantas Polres Solok

"Mari cegah kecelakaan dengan kelengkapan alat berkendara dan patuhi rambu lalu lintas,"
Ilustrasi (Net)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas tidak hanya bisa dilakukan dengan melakukan penindakan atau tilang namun perlu sosialisasi dan penyadaran secara berkesinambungan.

Hal itu yang dilakukan oleh Satlantas Polres Solok kota. Dalam rangka HUT Lalu Lintas Ke 63, Jajaran satlantas menggelar sosialisasi tertib lalu lintas sekaligus membagikan helm secara cuma-cuma bagi masyarakat di Nagari Indudur, Sabtu (22/9).

Kapolres Solok kota AKBP Dony Setiawan melalui Kasatlantas Iptu Sugeng Riadi menjelaskan, kebanyakan kecelakaan berdampak fatal hingga berujung maut akibat pengendara sepeda motor tidak menggunakan alat kelengkapan berkendara.

"Terutama helm, ini yang paling sering kita temukan ditengah masyarakat. Padahal memakai helm saat bersepeda motor di jalan sangat penting," cetus Iptu Sugeng.

Pihaknya mengajak masyarakat untuk melengkapi segala perlengkapan dan surat menyurat kendaraan. Itu demi keselamatan dan kepentingan masyarakat pengguna jalan itu sendiri.

"Mari cegah kecelakaan dengan kelengkapan alat berkendara dan patuhi rambu lalu lintas," ajak kasat dihadapan Walinagari dan masyarakat setempat.

Kebanyakan masyarakat berdalih tidak memakai helm ketika diperiksa petugas, lantaran buru-buru, tujuannya dekat. Namun ditegaskan Kasar, meskipun dekat atau jauh mau buru-buru atau semacamnya tetap utamakan keselamatan, daripada menyesal kemudian.

"Kalau memang sayang dengan anak dan keluarga, ingatkan untuk selalu lengkap dan berkendara. Jangan sudah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, baru menyesal," paparnya.

Selain, membagi-bagikan helm cuma-cuma dari pihak Jasa Raharja, tim gabungan Polres Solok kota dan Dinkes kota Solok juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis. (Syafriadi)