Harga Sayuran di Pasar Raya Padang Naik Dua Kali Lipat

"Lonjakan harga sayur ini sudah terjadi selama dua hari"
Pedagang Sayur di Pasar Raya Padang (Vendo Olvalanda)

KLIKPOSITIF - Berbagai jenis sayur-mayur di Pasar Raya Padang mengalami kenaikan drastis. Hal tersebut diprediksi terjadi hingga seminggu menjelang lebaran, Minggu (19/06).

Dari pantauan KLIKPOSITIF memasuki minggu ke-3 bulan suci Ramadan, harga sayur-sayuran di Pasar Raya Padang melonjak hampir 2 kali lipat. Harga wortel yang pada awalnya hanya Rp 10 ribu per kilogram hari ini naik menjadi Rp 20 ribu per kilonya. Mentimun yang biasanya Rp 2 ribu naik menjadi Rp 3 ribu. Begitu pula dengan terong yang biasanya hanya Rp 1 ribu seikat menjadi Rp 2 ribu.

"Stok sayur dua hari belakangan menipis. Mentimun naik dari Rp 180 ribu per karung menjadi Rp 200 ribu per karung. Terung yang biasanya Rp 80 ribu per karung kini menjadi Rp 120 ribu per karung. Kentang naik dari Rp 7 ribu per kilo menjadi Rp 12 ribu per kilo," ungkap Man, 40 tahun, salah seorang pedagang sayur di Pasar Raya Padang.

Pedagang lainnya juga membenarkan kenaikan tersebut. Adan (56) menyebutkan bahwa sayur-mayur yang biasa diminati pembeli ikut naik.

"Bayam saja yang biasanya Rp 3 ribu seikat naik menjadi Rp 5 ribu. Kangkung dan kacang panjang naik dari Rp 3 ribu dan Rp 4 ribu menjadi Rp 4 ribu dan Rp 5 ribu per ikat. Begitu pula dengan sayur daun ubi yang semula berharga Rp 2 ribu per ikat kini menjadi Rp 3 ribu per ikat. Sedangkan peria (pare) dan brokoli naik dari Rp 6 ribu dan Rp 10 ribu menjadi Rp 8 ribu dan Rp 15 ribu per kilonya," tutur Adan.

Lonjakan harga sayur ini sudah terjadi selama dua hari. Pada pedagang di Pasar Raya memperkirakan kenaikan harga ini akan bertahan hingga seminggu menjelang lebaran.

Vendo Olvalanda S