Lengayang Terpilih Jadi Tuan Rumah MTQ ke-39 Tingkat Kabupaten

"pelaksanaan MTQ bukan hanya sekedar ajang seremonial"
ilustrasi baca Al Quran (istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan, Sumatera Barat menunjuk Kecamatan Lengayang sebagai tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-39 tahun 2018 ini di daerah tersebut.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni mengatakan, perencaaan MTQ yang akan digelar pada November 2018 mendatang harus menggandeng seluruh unsur, tidak terkecuali lapisan masyarakat daerah dan juga para perantau.

"Saya minta panitia mempersiapkan MTQ ke-39 dengan matang dan bisa melibatkan semua elemen masyarakat, termasuk juga para perantau. Sebab, partisipasi mereka sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan MTQ ke-39 ini," sebut Bupati Hendrajoni pada KLIKPOSITIF.

Menurut Hendrajoni, pelaksanaan MTQ di daerah itu bukan hanya sekedar ajang seremonial. Tapi dengan adanya MTQ ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mencintai serta mengamalkan ayat-ayat suci Al Quran dan mempererat rasa kekeluargaan antar masyarakat.

"Al Quran bukan hanya sebatas dibaca saja, tapi harus dipahami juga serta diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena, Al Quran merupakan pedoman hidup bagi kita," jelasnya.

Sementara itu, Camat Lengayang, Zoni Eldo menjelaskan, persiapan MTQ di Lengayang akan gelar rapat koordinasi dengan panitia kabupaten, diantaranya dalam membahas berbagai persiapan MTQ ke-39 tingkat kabupaten 2018.

"Ada beberapa hal yang dibahas seperti persiapan tempat pembukaan acara, tempat perlombaan, pemondokan para kafilah, sumber-sumber pendanaan dan lainnya," terang Zoni Eldo.

Lanjutnya, selain dengan tim kabupaten, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan unsur-unsur terkait ditingkat kecamatan dan nagari serta lapisan seluruh masyarakat dalam mengsukseskan MTQ ke 39 di daerah tersebut.

"Kita berkomitmen pelaksanaan MTQ ke 39 tingkat kabupaten tahun 2018 berjalan sukses. Dan jelang pelaksanaan semua persiapan akan kita matangkan,"tutupnya.

[Kiki Julnasri ... Baca halaman selanjutnya