Pemko Masih Pelajari Destinasi Baru Berbasis Pertanian di Pasar Raya Padang

"Pengembangan agrowisata pertanian perkotaan Pasar Raya Padang memiliki fungsi dan manfaat ganda"
Agrowisata (Humas Pemko Padang)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemko Padang mempelajari kemungkinan hadirnya destinasi baru berbasis pertanian perkotaan di kawasan Pasar Raya Padang.

"Konsepnya tengah dipelajari wali kota, sembari memperhitungkan sasaran dan manfaat dari kehadiran agrowisata di tengah pusat perdagangan Kota Padang," kata Syahrial kepada awak media.

Syahrial yang juga Plt. Kepala Dinas Pangan Kota Padang itu menyebut, pengembangan agrowisata pertanian perkotaan Pasar Raya Padang memiliki fungsi dan manfaat ganda. Selain berfungsi sebagai pusat perdagangan, disini juga akan berfungsi sebagai pusat pelatihan dan informasi pertanian perkotaan guna peningkatan ketahanan dan keamanan pangan.

"Pusat Agrowisata Pasar Raya ini akan mempermudah produsen dan konsumen dalam mendapatkan hasil pertanian sehat dan segar semacam hidroponik," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Hidroponik Padang, Ferry K. Soelaiman menjelaskan, salah satu unggulan yang akan mengisi pusat perdagangan agrowisata Pasar Raya Padang nantinya adalah hidroponik. Berbagai sayuran yang ditanam menggunakan media air (tanpa tanah) dijual dan akan ditampilkan proses penanaman dan perawatannya, sehingga konsumen juga dapat membeli bibit sembari belajar mengembangkan hidroponik.

"Di sini disamping membeli produk hidroponik, konsumen dapat membeli bibit sembari belajar hidroponik," kata Ferry.

Mantan Kadis Pertanian Sumbar, Ir. Joni yang terlibat dalam proyek ini menyebut, pusat perdagangan agrowisata Pasar Raya Padang ini baru ada dan pertama di Indonesia. "Ini baru ada di Indonesia," sebutnya.

Ia berharap Pemko Padang memberikan dukungan yang maksimal, baik dari segi anggaran maupun terkait regulasi dan kebijakan agar proyek ini terealisasi.

"Kita berharap mendapat dukungan maksimal Pemko Padang agar terealisasi," tukasnya. (rel.*)