Tolak Penerimaan CPNS Umum, Ratusan Pegawai Honor Datangi Kantor Gubernur Sumbar

"Mereka membawa tiga poin tuntutan"
Ratusan pegawai honorer gelar aksi demonstrasi di halaman kantor Gubernur Sumbar (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Ratusan pegawai honor di Sumatera Barat yang tergabung dalam Forum Honorer Kategori 2 Indonesia (FHK2I) mendatangi kantor Gubernur Sumbar di Jalan Sudirman, Kota Padang, Senin 24 September 2018 siang.

Aksi yang mereka lakukan untuk menuntut berbagai persoalan yang muncul terkait penerimaan CPNS dari umum tahun 2018 ini. Tampak mereka membawa tiga poin tuntutan.

"Kami yang sudah honor 20 tahun sampai hari ini belum mendapatkan perlakuan yang baik dari pemerintah," kata salah seorang orator.

Tuntutan massa aksi adalah mereka meminta pemerintah daerah bisa menunda penerimaan CPNS umum sebelum selesai pengangkatan pegawai honorer kategori 2.

Lalu massa aksi mendesak pemerintah mengangkat seluruh pegawai honorer jadi PNS tanpa membatasi umur dan tanpa tes. Terkait pengangkatan tersebut, mereka menagih janji Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat kampanye Pilgub tahun 2015 lalu.

"Menuntut janji kampanye Gubernur untuk mengangkat honorer menjadi PNS se-Sumatera Barat," tulis massa aksi dalam sebuah spanduk besar yang dibawa massa aksi.

Di sisi lain, mereka juga mendesak DPR RI untuk segera mensahkan revisi Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang ASN, sebagai landasan hukum pengangkatan honorer se Indonesia.

Aksi ratusan pegawai honorer ini mendapat pengawalan ketat petugas Satuan Polisi Pamong Praja yang bertugas di kantor Gubernur Sumbar. Dalam aksi, mereka tampak ditemui oleh Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit.

[Joni Abdul Kasir]