Demo ke Kantor Gubernur Sumbar, Mahasiswa Pajang Foto Menteri Perdagangan di Boneka Jerami

"Aksi tersebut dimulai dengan Long March di jalan Sudirman"
Foto Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita di boneka jerami (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Ribuan mahasiswa dari Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Sumatera Barat dan BEM Seluruh Indonesia menggelar aksi demonstrasi di halaman Kantor Gubernur Sumbar, Senin 24 September 2018.

Aksi tersebut dimulai dengan Long March di jalan Sudirman dan kemudian memasuki halaman kantor gubernur sekitar pukul 14:50 WIB. Tampak massa aksi membawa sejumlah spanduk yang berisi beberapa tuntutan, salah satunya kebijakan impor beras.

Di sisi lain, tampak pula rombongan mahasiswa paling depan membawa sebuah boneka manusia yang dibuat dari susunan jerami, di bagian kepala jerami tersebut dipasangi foto Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Selain itu, massa aksi juga membawa sejumlah spanduk yang bertuliskan tuntutan agar pemerintah mampu menjaga kedaulatan pertanian, dan serta kebijakan-kebijakan yang tidak pro pertani.

Salah satu orator terdengar mendesak pemerintah untuk memikirkan kesejahteraan petani, "Hari ini nasib petani belum diperhatikan, mereka banyak yang terlantar, belum makan, dimana peran pemerintah?," sorak salah seorang orator di atas sebuah mobil bak terbuka.

Aksi ribuan mahasiswa ini mendapatkan pengawalan ketat dari aparat kepolisian.

Mendapati kedatangan mahasiswa ini, ribuan massa pegawai honorer yang mendiami halaman kantor tersebut terpaksa bergeser dan terpisah dari kelompok aksi aliansi BEM.

[Joni Abdul Kasir]