Mahasiswa Bakar Boneka Jerami dan Foto Menteri Perdagangan, Wagub Sumbar Terdiam

"Dalam aksinya, mahasiswa tampak memaparkan persoalan-persoalan yang dihadapai oleh petani di seluruh Indonesia "
Aksi demontrasi mahasiswa di teras kantor Gubernur Sumbar (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Ribuan massa aksi mahasiswa dari aliansi BEM Sumatera Barat dan BEM Seluruh Indonesia mendatangi kantor Gubernur Sumbar di jalan Sudirman, Kota Padang, Senin 24 September 2018.

Dalam aksi yang dimulai dengan long march dari sekitaran Bank Indonesia perwakilan Sumbar itu, mahasiswa ditemui oleh Wakil Gubernur Nasrul Abit.

Dalam aksinya, mahasiswa tampak memaparkan persoalan-persoalan yang dihadapai oleh petani di seluruh Indonesia dan meminta Pemprov Sumbar menyampaikan persoalan itu ke pemerintah pusat.

Setelah menyampaikan semua persoalan tersebut, Nasrul Abit menanggapinya, namun penjelasan dari mantan Bupati Pesisir Selatan itu tidak sesuai dengan data masalah petani milik mahasiswa.

Baca Juga: Demo ke Kantor Gubernur Sumbar, Mahasiswa Pajang Foto Menteri Perdagangan di Boneka Jerami

Mendapat tanggapan demikian, mahasiswa yang awalnya menduduki teras kantor Gubernur lalu mundur ke halaman dan membakar boneka jerami yang dipasangi foto Menteri Perdagangan, Enggartiato Lukita tersebut.

Saat membakar boneka tersebut, massa aksi membuat lingkaran dan tampak menyulitkan puluhan aparat kepolisian yang berjaga untuk mengantisipasi kerusuhan selama jalannya aksi.

Melihat tindakan seperti itu, Nasrul Abit tampak tidak bisa bertindak apa-apa, ia hanya berdiri terdiam menyaksikan api yang menghanguskan boneka jerami tersebut.

Hingga berita ini diturunkan, aksi demontrasi masih berlangsung.

[Joni Abdul Kasir]