Ratusan Sapi Beradu Cepat Pada Pacu Jawi di Payakumbuh

"untuk kelas 1 atau sering juga disebut Bako, panitia menyediakan hadiah berupa seekor kambing bagi pemenang. "
Perhelatan Pacu Jawi pada Alek Nagari Koto Nan Godang di Sawah Godang Ompang, (Taufik Hidayat Kampai/KLIKPOSITIF)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Lebih dari 100 sapi yang berasal dari Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota) saling beradu cepat dalam gelara Pacu Jawi pada Alek Nagari Koto Nan Godang di Sawah Godang Ompang, Simpang Aua RW I Tanjung Anau Kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS), Payakumbuh, Senin (24/9) sampai Selasa (25/9).

Pada kegiatan yang dilaksanakan sebanyak dua kali setahun atau setelah panen padi usai ini, dipertandingkan tiga kelas lomba, yaitu kelas 1, kelas 2, dan kelas 3. Masing-masing kelas ditetapkan berdasarkan kecepatan jawi (sapi) yang bertanding.

Pantauan KLIKPOSITIF di lapangan, Senin (24/9) sore, lebih dari seribu warga hadir langsung di pinggir Sawah Godang. Berbagai kejadian tidak biasa di lapangan jadi hiburan tersendiri bagi penonton.

Sepanjang perlombaan memang cukup banyak kejadian di luar kendali joki (penuggang sapi) yang terjadi. Diantaranya adalah jawi yang keluar jalur dan menuju lokasi lain, tidak jarang juga ada joki yang lepas dari pijakannya dan tersungkur di sawah penuh lumpur.

Ketua Panitia Alek Nagari Koto Nan Godang, Gusmarhadi yang ditemui KLIKPOSITIF di sela-sela lomba menyebut, peserta pada perhelatan kali berasal dari Luak Limapuluah.

"Luak Limopuluah itu dari Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Pada hari pertama ini (Senin, 24/9) sebanyak 50 jawi bertanding. Sedangkan untuk besok (Selasa, 25/9) ada 60 jawi yang akan berlomba," katanya.

Dijelaskan Gusmarhadi, untuk kelas 1 atau sering juga disebut Bako, panitia menyediakan hadiah berupa seekor kambing bagi pemenang. "Selain itu, untuk juara dua dan tiga akan ada bingkisan dari panitia," jelasnya.

Diakuinya, untuk pemberian hadiah, panitia masih mengandalkan sumbangan masyarakat sekitar. Karena itu, dalam pelaksanaannya, tetap ada panitia yang meminta sumbangan di pinggir jalan selama acara.

"Ini selalu rutin kita ... Baca halaman selanjutnya