Bawaslu Padang Ancam Copot APK Partai dan Caleg Jika Tak Sesuai Aturan

"Banyak APK yang dipasang di tempat-tempat yang dilarang dan menggangu ketertiban umum"
Firdaus Yusri (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang akan mencopot Alat Peraga Kampanye (APK) milik caleg ataupun partai, yang dipasang tidak sesuai aturan yang ditetapkan oleh KPU.

Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Padang Firdaus Yusri mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan KPU bagaimana teknisnya APK (ilegal).

"Secara resmi memang belum ada kesepakatan antara Bawaslu, dan KPU serta pihak lain untuk menindak APK liar ini. Namun secara tidak langsung, saat pertemuan beberapa waktu lalu kami sepakat akan menindak APK ilegal yang banyak bertebaran di ruas jalan," jelas Firdaus, didampingi Koordinator Divisi Hukum, Informasi dan Data Yudi Edvanturil saat acara sosialisasi pengawasan pemilu dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pelaksanaan pemilu 2019, Senin 24 September 2018.

Ia mengatakan, memang banyak saat ini APK calon terpasang di tempat umum, bukan hanya di sepanjang ruas jalan utama tapi juga di sejumlah tempat-tempat yang dilarang karena menggangu ketertiban umum.

"Pertemuan kami sedikit tertunda karena kemarin kan KPU juga sibuk dengan kegiatan pelaporan dana kampanye, namun dalam waktu dekat kami akan melakukan pertemuan kembali dengan pihak terkait," ulasnya.

Menurutnya, untuk melakukan penindakan terhadap APK liar calon ini bukan hanya menjadi tanggungjawab Bawaslu namun juga ada kewenangan dari pihak lain seperti Satpol PP, dan pemerintah daerah. "Menjelang APK resmi dari KPU ke luar, tentunya APK yang ada ini akan ditindaklanjuti," ujarnya.

 

[Joni Abdul Kasir]