Masa Kampanye, Bawaslu Limapuluh Kota Belum Tentukan Lokasi Larangan APK

"Meskipun lokasi larangan belum ditentukan, ia mengingatkan agar seluruh peserta pemilu bisa mematuhi aturan"
Ilustrasi pencopotan APK kampanye (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota belum menentukan lokasi yang dilarang untuk dipasangi Alat Peraga Kampanye (APK) selama masa kampanye Pemilu 2019 ini.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Bawaslu Limapuluh Kota, Yoriza Asra. Meskipun lokasi larangan belum ditentukan, ia mengingatkan agar seluruh peserta pemilu bisa mematuhi aturan yang tertera dalam PKPU terkait APK.

"Ini kan tahapan kampanye sudah dimulai dan kami saat ini masih melakukan koordinasi dengan KPU (Komisi Pemilihan Umum) kabupaten terkait lokasi-lokasi pemasangan APK dan juga berapa ukuran APK yang diperbolehkan," katanya kepada KLIKPOSITIF, Selasa 25 September 2018.

Kendati lokasi belum ditentukan, ia mengaku bahwa pihaknya sudah menemukan praktek pelanggaran aturan kampanye sebelum dimulai tahapan kampanye sesuai dengan ketetapan KPU.

Baca Juga: Bawaslu Limapuluh Kota Temukan Pelanggaran APK Bacaleg

"Kalau sebelum tahapan kampanye dimulai, yaitu sebelum 22 September lalu cukup banyak yang kami temukan pelanggaran dalam hal pemasangan APK di Limapuluh Kota dan itu sudah kami," sebut dia.

Namun karena keterbatasan tenaga, ucap dia, belum semua APK tersebut yang ditertibkan. Untuk lokasi pelanggaran tersebut, hampir ditemukan di seluruh kecamatan yang ada di Limapuluh Kota.

Meski demikian, ia menerangkan, pihaknya tetap melakukan tindakan tegas seperti pencopotan APK dan peringatan pada pihak yang memasang atribut kampanye tersebut.

"Sementara ini tim kami belum turun ke lapangan karena memang koordinasi dengan KPU masih berlangsung. Kami ingin memastikan dulu, berapa banyak jatah setiap peserta pemilu, ukuran maksimalnya berapa, dan beberapa detail lain," terangnya.

Selain itu untuk akun media sosial, pihaknya juga sudah mendata akun ... Baca halaman selanjutnya