Ijazah Tak Terdaftar di Kemenristek Dikti, Alumni UIN Padang Kecewa

"Ijazah terdaftar di Kemensitek Dikti menjadi syarat pendaftaran rekrutmen CPNS 2018 yang telah dibuka"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sejumlah Alumni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol yang saat ini sudah beralih nama menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) merasa kecewa. Pasalnya, ijazah mereka belum terdaftar di Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Padahal terdaftar di Kemensitek Dikti menjadi syarat pendaftaran rekrutmen CPNS 2018 yang telah dibuka. 

Rivai, alumni yang wisuda pada tahun 2016 menuturkan, dirinya baru mengetahui jika ijazahnya tidak terdaftar setelah mengakses laman Forlap Dikti di Kemenristek Dikti.

"Tentunya kami sangat kecewa dengan kondisi seperti ini, padahal mendaftarkan ijazah di Kementerian merupakan tanggung jawab pihak kampus," tuturnya, Selasa 25 September 2018.

Senada dengan Rivai, Deni Gustiar, alumni Fakultas Syariah menjelaskan, ia sudah menanyakan langsung kepada pimpinan kampus dan menanyakan kejelasan tentang belum terdaftarnya ijazah tersebut. Deni menyebut, pihak kampus sudah mengupayakan usaha mendaftarkan ijazah para alumni. Namun disebutkan belum dapat maksimal secara keseluruhan alumni.

"Memang ada juga teman saya yang sudah terdaftar, tapi cukup banyak yang belum terdaftar. Kami di sini menanyakan pertanggung jawaban kampus serta pemenuhan kewajibannya, terlepas dari adanya pembukaan CPNS atau tidaknya," ucapnya tersulut rasa kecewa mendalam.

Ia pun berharap kepada pihak kampus, agar menanggapi kondisi tersebut secara serius, karena menurutnya, tanggung jawab pimpinan kampus bukan hanya semata tentang mahasiswa tapi bagaimana memenuhi tanggung jawab dan hak-hak para alumni.

"Kita kuliah dengan biaya yang entah berantah, banting tulang orangtua kami untuk biaya kuliah, Namun kini masalah lain muncul, ijazah tidak terdaftar, kami bisa apa, semoga saja ini segera dapat dituntaskan pihak kampus," lirihnya.

Berdasarkan surat edaran Kemeristek Dikti tertanggal 21 Desember 2017 ... Baca halaman selanjutnya