Nekat Curi Motor Dinas Polisi, Residivis Curanmor Dihadiahi Timah Panas

"Tersangka membawa kabur motor dengan merusak kabel pengapian"
Tersangka curanmor dan barang bukti hasil curian (KLIKPOSITIF/Muhamad Haikal)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF -- Seorang pria di Kabupaten Sijunjung nekat mencuri satu unit sepeda motor kendaraan dinas Bhabinkamtibmas polisi pada Selasa 25 September 2018 sekitar pukul 05:00 WIB.

Tersangka berinisial BE (30) itu mencuri motor bernomor 2413-35-III warna abu-abu tersebut langsung di kediaman polisi berpangkat Brigadir dengan nama Afandi Febrian di Jorong Tanjung Ampalu, Nagari Limo Koto, Kecamatan Koto VII.

Tersangka BE sendiri merupakan residivis curanmor di Provinsi Lampung. Kapolres Sijunjung AKBP Imran Amir mengatakan bahwa tersangka membawa kabur motor dengan merusak kabel pengapian.

"Saat itu motor sedang terparkir di halaman rumah anggota kami, tersangka masuk ke perkarangan rumah dengan memanjat pagar," katanya pada KLIKPOSITIF, Rabu 26 September 2018.

Mendapati motornya hilang, Brigadir Afandi langsung melaporkan kejadian itu pada satuannya. Setelah itu petugas langsung bertindak memburu tersangka.

Imran menjelaskan, pihaknya langsung melakukan penelusuran dengan mengumpulkan keterangan sejumlah saksi yang ada di sekitaran lokasi.

Selang 2 jam kemudian, petugas yang bergerak berhasil mengamankan tersangka di kawasan Nagari Padang Sibusuk, Kecamatan Koto Kupitan, sekitar pukul 07:00 pagi.

Namun saat ditangkap, tersangka sempat melawan dan mencoba kabur, "Petugas yang di lapangan langsung menghentikan pelarian tersangka dengan timah panas di bagian kaki," ujar Imran. Namun rekan BE berhasil kabur.

Usai ditangkap, tersangka langsung digiring ke Mapolres Sijunjung. Saat diperiksa oleh petugas, sebut Imran, terungkap bahwa BE juga mengincar motor-motor dinas polisi yang terparkir di Mapolres Sawahlunto.

"Saat ini kita masih memeriksa apa modusnya melakukan pencurian yang sasarannya kendaraan dinas Polri, yang dalam pengakuannya sebelum bertindak di wilayah hukum Sijunjung, ia mencoba di Polres Sawahlunto namun tidak berhasil," pungkasnya ... Baca halaman selanjutnya