Banjir di Jondul Rawang Padang, BPBD Turunkan Satu Perahu Karet

"Ketinggian air di kawasan tersebut bervariasi"
Warga mengungsi dari banjir yang menggenangi Jondul Rawang (KLIKPOSITIF/Halbert Chaniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Hujan deras yang mengguyur Kota Padang sejak Rabu 26 September 2018 siang mengakibatkan puluhan rumah di Komplek Pelabuhan, Jondul Rawang, Kecamatan Padang Selatan terendam banjir.

Tampak pada pukul 17:35 WIB, ketinggian air yang menggenangi kawasan itu mencapai sekitar 1 meter. Menurut informasi, air mulai naik mulai pukul 14:30 WIB tadi.

"Hujan deras sejak tadi siang, dan sekarang makin tinggi. Sampai sepinggang," kata salah seorang warga, Amin (55).

Ketinggian air di kawasan tersebut bervariasi. Namun Amin mengaku tidak mengetahui persis debit air yang berada di lokasi terendah di komplek tersebut.

"Dengan hujan seperti ini biasanya bisa se-perut orang dewasa. Lebih sedikit dari satu meter. Kalau sudah begitu, warga mulai evakuasi diri ke tempat yang lebih tinggi," ungkap dia.

Kawasan Jondul Rawang memang jadi langganan banjir setiap kali Kota Padang diguyur hujan deras. Namun kali ini, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang menurunkan satu unit perahu karet.

Kasi logistik dan kedaruratan BPBD Padang, Sultan mengatakan, pihaknya sengaja menurunkan perahu karet untuk mempermudah langkah evakuasi warga.

"Ada banyak warga yang perlu dievakuasi. Menurut catatan kami, setidaknya ada 5 RT disini yang terdampak parah," ungkap Sultan.

Hingga saat ini, proses evakuasi masih berlangsung. Sebagian warga yang ada di lokasi tampak satu persatu meninggalkan rumah sambil membawa barang-barang seperti pakaian dan surat-surat berharga.

[Halbert Chaniago]