BMKG Sumbar: Cuaca Buruk akan Berlangsung Hingga November

"Untuk musim hujan ini diperkirakan akan berlangsung hingga akhir tahun 2018"
Ilustrasi (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Badan Metereologi, Krimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Barat memeperkirakan cuaca buruk yang disertai hujan akan melanda daerah itu hingga bulan November 2018 mendatang.

"Untuk musim hujan ini diperkirakan akan berlangsung hingga akhir tahun 2018, tetapi pada Desember diperkirakan frekwensinya sudah menurun," kata Kasi Observasi dan Informasi BMKG Sumbar, Yudha Nugraha, Kamis 27 September 2018.

Ia menjelaskan, bulan November tersebut merupakan puncak dari cuaca buruk dengan intensitas hujan yang tinggi, "Jadi kami minta masyarkat waspad," ujarnya.

Menurutnya hal tersebut terjadi karena fenomen ekuinox. "Fenomena ini ditandai dengan posisi matahari yang sejajar dengan khatulistiwa sehingga air laut lebih mudah memuai dan membentuk awan," sambungnya.

Untuk cakupan, potensi cuaca buruk yang disertai hujan deras tersebut diprediksi akan melanda seluruh kawasan di Sumatera Barat.

Sebelumnya diketahui, hingga hari ini, BMKG memprediksi bahwa cuaca Sumbar masih didominasi oleh hujan dengan berbagai intensitas.

Berdasarkan informasi yang diterima dari prakirawan BMKG Sumbar, suhu udara di daerah itu berkisar antara 19 hingga 30 derajat celcius, dengan kelembapan udara antara 75 hingga 98 persen.

Diketahui pula, kecepatan angin dalam tiga hari ini (26-28 September 2018) berkisar antara 8 hingga 18 kilometer per jam yang bertiup dari Barat Daya ke Timur Laut.

[Halbert Caniago]