Dorong Produksi Pertanian, Pemkab Tanah Datar Terapkan Teknologi Tanam Padi

Ilustrasi alat tanah padi Jajar Legowo (Jarwo)
Ilustrasi alat tanah padi Jajar Legowo (Jarwo) (Net)

BATUSANGKAR, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mulai menerapkan teknologi alat tanam padi sistem Jajar Legowo (Jarwo) super 2:1 melalui Gerakan Optimalisasi Penyuluhan (GOP).

Kepala Dinas Pertanian Tanah Datar , Yulfiardi mengatakan teknologi menanam padi sistem ini bisa membuat penanaman padi cukup efektif menekan biaya dan mampu meningkatkan produksi pertanian.

baca juga: Pemkab Tanah Datar Matangkan Persiapan New Normal

"Pemerintah daerah berharap penerapan teknologi ini mampu meningkatkan produksi padi dalam upaya menyukseskan swasembada pangan sekaligus meningkat kesejahteraan petani," katanya.

Menurut dia, masyarakat Tanah Datar sangat diuntungkan dengan keberadaan teknologi tersebut, sebab 70 persen masyarakat di daerah itu berprofesi sebagai petani.

baca juga: Kondisi Terkini Longsor di Batipuh Selatan Tanah Datar

"Pada sektor tanaman pangan ini memberikan kontribusi tertinggi terhadap pendapatan daerah sehingga kita terus berupaya menciptakan teknologi dalam meningkatkan hasil produksi pertanian," sebut dia.

Ia menjelaskan penerapan sistem tanam padi Jarwo Super 2:1 ini dilakukan dengan cara mengatur jarak antar benih pada saat penanaman mampu meningkatkan produksi padi sekitar 10 sampai dengan 25 persen.

baca juga: Lima Rumah Warga dan Satu Musala Rusak Dihantam Longsor di Batipuh Selatan Tanah Datar

Sejauh ini, Dinas Pertanian dalam upaya pengembangan pertanian sudah melakukan beberapa kegiatan seperti demontrasi pengunaan alat tanam padi , pencanangan langit biru dengan imbauan larangan membakar jerami,dan pameran hasil pertanian.

[Fan]

baca juga: Pasien Positif 11 Asal Tanah Datar Dinyatakan Sembuh COVID-19

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa