Ilmuwan Temukan Puluhan Ribu Struktur Maya Kuno, Potensi Ubah Pemahaman Tentang Peradaban Kuno

"lebih dari 11 juta orang tinggal di seluruh Dataran Rendah Maya selama Periode Klasik Akhir, hampir 3.000 tahun lalu"
Ilustrasi (shutterstock)

KLIKPOSITIF -- Para ilmuwan telah menemukan puluhan ribu struktur Maya, berpotensi mengubah pemahaman kita tentang peradaban kuno. Bukti yang baru ditemukan memberikan wawasan tentang kehidupan jutaan orang yang sebagian besar tetap misterius hingga saat ini.

Penemuan ini menggunakan Lidar berteknologi tinggi, yang menggunakan pulsa sinar laser untuk memetakan tutupan lahan dan topografi dalam 3-D. Tanah itu biasanya tertutup hutan lebat, membuat survei sulit.

Penelitian baru, menurut para ilmuwan, memberikan pemahaman tentang daerah dengan "ruang lingkup belum pernah terjadi sebelumnya" yang "memaksa" evaluasi ulang pemahaman kita tentang budaya Maya.

Data menunjukkan, misalnya, bahwa lebih dari 11 juta orang tinggal di seluruh Dataran Rendah Maya selama Periode Klasik Akhir, hampir 3.000 tahun lalu. Dan itu memberi beberapa petunjuk tentang bagaimana mereka hidup.

Investasi besar itu tidak hanya menunjukkan bagaimana menghubungkan kota-kota Maya, tetapi juga skala perang Maya. Penelitian baru, yang didanai oleh pemerintah Guatemala, diterbitkan dalam Science. (*)

Sumber: Independent