Sawahlunto Usulkan 50 Destinasi jadi Geopark Nasional

Ekspos usulan destinasi Sawahlunto menjadi Geopark Nasional
Ekspos usulan destinasi Sawahlunto menjadi Geopark Nasional (KLIKPOSITIF/Muhammad Haikal)

SAWAHLUNTO , KLIKPOSITIF -- Sebanyak 50 destinasi di Kota Sawahlunto -Sumbar diusulkan menjadi Geopark Nasional oleh Tim Penyusun Dossier Geopark Sawahlunto .

50 destinasi tersebut dibagi dalam dua kategori yakni 30 kategori destinasi geologi dan 20 kategori destinasi non geologi yang tersebar di tiga kecamatan yang ada di Sawahlunto .

baca juga: 1.600 Sampel Swab Diambil Untuk Pastikan Sawahlunto Bebas COVID-19

Ketua Tim Penyusun Dossier Geopark Sawahlunto , Reza Permadi mengatakan usulan yang disusun sudah diteliti ke masing-masing destinasi. Usulan ini harus sampai ke Kementerian Koordinator Kemaritiman paling lambat 30 September 2018, sementara jawaban dari usulan ini akan disampaikan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan di Bukittinggi pada 17 Oktober 2018 mendatang.

"Dari sekian banyak usulan destinasi, Tim Penyusun tetap mengutamakan geopark yang bertemakan batubara sebab Sawahlunto merupakan tambang batubara bawah tanah pertama di Indonesia," katanya saat ekspos di Balai Kota Sawahlunto , Jumat 28 September 2018.

baca juga: Pertahankan Nol Kasus COVID-19, Pemko Sawahlunto Usulkan 500 Sampel Swab Untuk Dites

Menurut Reza, jumlah destinasi itu bisa saja bertambah, karena waktu tim untuk mencari data sangat terbatas.

"Jumlah destinasi ini bisa saja bertambah nantinya di kemudian hari, namun dari usulan ini bisa juga dicoret oleh tim Kementerian Koordinator Kemaritiman," tambahnya.

baca juga: Melihat Tanah Kelahiran Pahlawan Nasional Mohammad Yamin di Talawi Sawahlunto

"Diharapkan dengan adanya penetapan geopark Sawahlunto nantinya bisa menambah jumlah wisatawan mancanegara yang datang untuk belajar dan berwisata," sambungnya.

Wali Kota Sawahlunto , Deri Asta menyambut baik masuknya Kota Sawahlunto menjadi usulan Geopark Nasional .

baca juga: 665 KK di Sawahlunto Terima Rp1,2 Juta dari JPS Pemprov Sumbar

"Dengan begitu rancangan geopark Sawahlunto harus masuk ke Rancangan Pembangunan Jangka Menengah (RPJM), mumpung masih kita masih menyusunnya," kata Wali Kota.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwasata, Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto , Efriyanto mengatakan konsep geopark merupakan konsep yang diangkat untuk memberikan dampak positif ke masyarakat lokal, sebab lokasinya ada di lingkungan masyarakat itu sendiri.

"Konsep ini mengedukasi masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mengangkat potensi tersebut untuk menambah pendapatan masyarakat," jelasnya.

"Fungsi geopark itu sendiri memberikan nilai dan warna menjadi nilai tambah," sambungnya.

[Muhammad Haikal]

Penulis: Iwan R