Ratusan Pandeka dan Tuo Silek Berkumpul di Selayo Solok

"Silek tradisi yang diwariskan secara turun temurun tidak bisa dilepaskan dari jati diri masyarakat Minang"
Penuh sesak, Ratusan Pandeka dan Tuo Silek Solok berkumpul di Lurah Ateh, Nagari Selayo (Syafriadi Puma/KLIKPOSITIF)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Lain dari hari biasanya, Dusun Lurah Ateh, Jorong Lurah Nan Tigo, Nagari Selayo Kabupaten Solok mendadak ramai Malam tadi, Sabtu (29/9). Seketika, Perhatian masyarakat seakan tertumpah di Sasaran silek tuo Lurah Ateh. Ratusan Pandeka dan Tuo Silek Solok berkumpul dalam silahturrahmi Akbar.

Pakaian bernuansa hitam mewarnai lokasi sasaran. Mulai dari yang tua, tak ketinggalan pula remaja dan anak-anak pun ikut meski sudah larut malam.

Sambah manyambah diiringi sirieh dalam carano menjadi pembuka silahturahmi nan terbilang cukup jarang terjadi itu.

Suasana semakin lengkap dengan hadirnya Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin bersama Ketua DPRD Solok Hardinalis Kobal dan sejumlah anggota DPRD lainnya.

"Tidak saya sangka, kalau Sasaran Silek bersilahturrahmi bisa sebanyak ini, apalagi juga dihadiri Tuo-Tuo Silek masing-masing sasaran di Kota dan Kabupaten Solok," cetus Yulfadri sambil menyalami Tuo silek yang datang.

Baginya, Silek tradisi yang diwariskan secara turun temurun tidak bisa dilepaskan dari jati diri masyarakat Minang. Banyak falsafah hidup dan pelajaran yang terkandung dalam Silek.

Maka dari itu, sebut Yulfadri, Silek harus kembali hidup sebagai sebuah warisan yang harus dijaga, dipelihara dan tentunya harus diturinkan pada generasi selanjutnya.

"Silek merupakan salah satu cara mendidik dan membentuk generasi muda yang berkarakter, tekan kenakalan remaja dengan Silek," sebut Wabup.

Hari makin larut, tibalah saat yang ditunggu, satu per satu sasaran silek memperagakan jurus Silek sesuai aliran yang dikembangkan di sasaran masing-masing.

Tepuk riuh penonton membahana, tatkala para pandeka unjuk kebolehan, jurus nan apik hingga permainan pisau mengundang decak kagum.

Bukan saja para murid yang turun berlaga, tapi juga Tuo Silek. Garik dan Langkah mencerminkan hidupnya silek dalam kehidupan ... Baca halaman selanjutnya