Nikmati Pasar Kuliner di Benteng Van der Capellen Tanah Datar

"Nama Van der Capelen diambil karena pasar tersebut berada di Komplek Benteng Van der Capellen Batusangkar"
Pasar Van der Capellen. (istimewa)

BATUSANGKAR, KLIKPOSITIF -- Makanan dan minuman ciri khas Tanah Datar kini dapat dinikmati masyarakat maupun wisatawan di Komplek Van der Capellen Batusangkar. Pasar Van der Capellen merupakan pasar Destinasi Digital (DD), dimana ada destinasi wisata yang instagramable, viral dan kekinian, bahasa anak mudanya “Zaman Now”.

"Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat kita mencoba membuka pasar kuliner dengan diiringi kesenian tradisional. Masyarakat silakan mencoba dan menikmati yang dibuka setiap hari Minggu," kata Sekretaris Daerah Tanah Datar Hardiman saat mencanangkan Pasar Van der Capellen di Batusangkar, Minggu 30 September 2018.

Dia mengapresiasi Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) yang bekerjasama dengan Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Tanah Datar dan membuka destinasi baru di Tanah Datar yaitu Pasar Van der Capellen. Nama Van der Capelen diambil karena pasar tersebut berada di Komplek Benteng Van der Capellen Batusangkar.

Pasar Van der Capellen menghadirkan suasana tempo dulu dengan menyajikan berbagai kuliner otentik khas Tanah Datar, pertunjukan atraksi seni dan budaya anak nagari Minangkabau. Dia berharap, pasar Van der Capellen setiap kali pelaksanan selalu melakukan perubahan dan inovasi jenis makanannya.

"Seluruh makanan spesifik Minang ada di Pasar Van der Capellen, sehingga lahir imej, kalau ingin menikmati makanan spesifik Minangkabau, ayo datang ke Pasar Van der Capellen," papar Hardiman.

Sementara Itu, Ketua Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Tanah Datar, Hijrah Adi Syukrial menyampaikan, salah satu keunikan pasar Van der Capellen adalah dalam transaksi belanja yaitu mempergunakan koin, tanpa menggunakan uang.

"Pengunjung yang baru datang langsung menuju posko penukaran koin dimana satu koin setara Rp2.500. Selanjutnya pengunjung Pasar, dalam belanja memakai koin, misalnya membeli Lamang Tapai menggunakan dua koin," katanya.

Disamping makanan ... Baca halaman selanjutnya